1099 Pasukan Orange Siap Amankan Listrik se-Indonesia

1
196

Inspiratifnews.com – Makassar, Bertaruh nyawa demi melistriki nusantara, merupakan misi yang diemban 1099 pasukan khusus PLN (Pasukan Orange) Tim PDKB (Pekerja Dalam Keadaan Bertegangan) pasukan khusus PLN yang dilatih untuk melakukan pemeliharaan, perbaikan atau penggantian komponen pada jaringan listrik tanpa memadamkan jaringan yang sedang beroperasi. tujuannya satu, agar pelanggan dapat tetap terus menjalankan aktifitas tanpa khawatir listrik diputus sementara.

“Tantangan PLN masa depan adalah permasalahan sdm, metodologi, anggaran, juga karir karyawan PLN bisa menjadi sebuah topic pada sidang – sidang komisi PDKB guna menemukan solusi”, tegas General Manager PLN Wilayah Sulselbartra, Wasito Adi, rabu 9 november di hotel Grand Clarion.

1099 Pasukan Orange dari seluruh Indonesia bertemu di kegiatan Konvensi PDKB 2016, yang digelar selama 2 hari mulai 9-10 november. Konvensi PDKB 2016 berkaitan dengan keterampilan pasukan Orange PLN ini sebab Tim PDKB dituntut untuk tidak melakukan kesalahan sama sekali atau Zero Accident.

“Demi keselamatan Tim PDKB, serangkaian aturan pun harus ditaati, salah satunya adalah job safety analysis yang berarti para pasukan orange harus melakukan pengamatan lingkungan sekitar pemeliharaan terlebih dahulu sesuai Standar Operation Procedure (SOP) dan instruksi kerja serta menjaga kebugaran fisik”, tegas Nyoman S Astawa, Ketua Komisi PDKB.

Hingga saat ini, PLN memiliki 802 Alaskan orange Tim PDKB Tegangan Menengah (TM) dan sekitar 207 personil Tim PDKB Tegangan Tinggi (TT), Tegangan Ekstra Tinggi (TET) yang tersebar di 21 unit PLN Wilayah/distribusi, tiga unit transmisi dan unit PLN Penyaluran dan Pusat Pengurus Beban Sumatra (P3BS).

Sejak 2004 keberadaan pasukan orange, efektifitas Pasukan Orange dalam melaksanakan pekerjaan listrik ekstra tinggi, PLN berhasil mendapatkan pendapatan sebesar 450 Milyar Rupiah di 2016 karena adanya Energy Saving melalui konstribusi pasukan orange Tim PDKB. (*) 

Komentar Pembaca