14 Kapal KKP Direkondisi PT IKI (Persero)

0
121
Dirjen DJPT Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Sjarief Widjaja, dan rombongan saat meninjau progres pembangunan kapal Mina Jaya di PT IKI Persero, Jalan Galangan Kapal, Makassar, Minggu (11/6/2017).

Inspiratifnews.com – Makassar, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap melakukan rekondisi 14 armada kapal KM Mina Jaya Niaga. Kapal jenis pengangkut hasil tangkapan nelayan, hasil buah tangan dari BJ. Habibie.

Dirjen DJPT Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Sjarief Widjaja (Kanan), dan rombongan, menerima cindera mata dari PT IKI (Persero), saat meninjau progres pembangunan kapal Mina Jaya di PT IKI Persero, Jalan Galangan Kapal, Makassar, Minggu (11/6/2017). 

KKP kerjasama Kementerian Perindustrian dan BUMN, dalam hal ini PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) Makassar untuk pengerjaan rekondisi KM Mina Jaya Niaga. dari 14 unit, 2 unit telah dioperasikan oleh BUMN KKP yakni Perum Perindo dan PT Perikanan Nusantara, sementara 6 unit masih tahap proses rekondisi dan 6 unit lainnya masih dalam dock.

Adapun biaya rekondisi 14 unit KM Mina Jaya Niaga, Menurut Direktur Utama PT IKI, Edy Widiarto, berada di kisaran sebesar 1- 3 Milyar/unit. kelebihan KM Mina Jaya Niaga, dapat menyimpan hasil tangkapan nelayan ke dalam Cold Storage (Fasilitas Pendingin – 60°C) yang berfungsi mengawetkan ikan sehingga nampak segar, dengan kapasitas muat 350 ton/kapal, Mesin berkekuatan 300 GT.

Senada dengan Direktur PT IKI (Persero), Syarief Widjaja sebagai Direktorat Jenderal (DIRJEN) KKP menjelaskan, bahwa saat ini KKP melakukan 14 rekondisi kapal KM Mina Jaya Niaga diperuntukkan menampung hasil penangkapan ikan tuna nelayan, untuk di konsumsi masyarakat, ungkap Syarief.

Sejak kebijakan Menteri KKP, Susi Pudjiastuti, yang melarang kapal asing mengambil ikan di perairan Indonesia, hasil laut melimpah. Namun, ikan hasil tangkapan nelayan, khususnya dari laut lepas, membutuhkan penampungan yang lebih baik

Oleh karenanya, Lanjut Syarief Widjaja, KKP akan mengoperasikan 6 Unit KM Mina Jaya Niaga yamg direkondisi Pasca Lebaran Idul Fitri 1438 H, ke Utara dan Tenggara Pulau Sulawesi seperti Bitung, Sangir Talaud, Bone dan Kendari. diestimasi nelayan yang berada disekitar daerah tersebut berkisar 2000 nelayan. (*)

loading...
BAGIKAN

Komentar Pembaca