Antisipasi Cuaca Ekstrem, Pinrang Bentuk Satgas Terpadu

0
30
Inspiratifnews.com-Pinrang, Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang tengah mengodok pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Terpadu , mengantisipasi cuaca ekstrem yang sewaktu waktu terjadi di Kabupaten Pinrang.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pinrang Andi Mattalatta mengatakan, Pembentukan Satgas Terpadu itu guna meminimalisir korban jika terjadi bencana ” Bencana itu tidak bisa di Prediksi, sehingga harus siaga sejak dini “. Kata Andi Mattalatta saat dihubungi Inspiratifnews.com, Selasa 12 Januari 2016 Kemarin
Satgas Terpadu ini kata dia, akan beranggotakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) seperti Dinas Perhubungan dan Informasi Komunikasi, Satuan Polisi Pamong Praja ,Rumah Sakit Umum Lasinrang,Kantor Pemadam Kebakaran dan Kantor Ketahanan pangan ” BPBD bertindak sebagai Kordinator dalam Satgas Terpadu ini “
Menurut dia, Satgas itu akan bersiaga selama 24 jam, guna mengantisipasi kejadian yang terjadi di kabupaten Pinrang ” Rencananya Satgas Terpadu ini, akan dilaunching pada Februari nanti “.
Bencana Alam yang kerap terjadi di kabupaten Pinrang lanjut Andi Mattalatta diantaranya angin kencang khususnya untuk daerah pesisir Pantai,Tanah longsor dan banjir .
Sebelumnya Bupati Pinrang Andi Aslam Patonangi mengatakan, kondisi geografis dan cuaca ekstrem Indonesia termasuk kabupaten Pinrang sering menimbulkan bencana alam ” Satgas Taruna ini bertugas,bertindak cepat memberikan bantuan kepada masyarakat, sehingga kerugian yang dialami masyarakat bisa di minimalisir untuk mengurangi kerugian masyarakat jika bencana alam yang terjadi “.
Contohnya kata dia, jika terjadi kebakaran,selain pemadam kebakaran, ambulance juga harus ada di lapangan, pengaturan lalulintas dilakukan oleh Dinas Perhubungan dan Pengamanan oleh Satpol PP untuk pengamanan lokasi ” Jadi semua yang terlibat dalam Satgas Terpadu ini, menjadi satu kesatuan “. (ish)
BAGIKAN

Komentar Pembaca