2020 Robot Akan Mendominasi, 5Juta Buruh Siap Dirumahkan

0
86

Inspiratifnews.com-Makassar, Pasar tenaga kerja akan terpecah belah, disebabkan meningkatnya jumlah produksi robot dan intelegensi artifisial. Dilansir www.huffingtonpost.com hasilnya akan menghilangkan 5,1 juta pekerjaan dalam lima tahun di sekitar 15 negara maju.

Di proyeksikan oleh Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum (WEF), yang menggelar pertemuan tahunan di Swiss, mengasumsikan total pekerjaan yang hilang sekitar 7,1 juta yang yang diimbangi dengan 2 juta posisi baru. Posisi atau tempat yang paling mendapatkan tantangan oleh teknologi modern adalah pabrik-pabrik  dan bidang kesehatan.

Organisasi Buruh Seduni dibawah Perserikatan Bangsa-Bangsa telah meramalkan meningkatkannya angka pengangguran sebanyak 11 juta di tahun 2020, jumlah pekerjaan juga  akan semakin berkurang. Dua pertiga jenis  pekerjaan yang hilang diprediksi di sektor perkantoran dan administrasi dengan semakin cerdasnya mesin yang bisa menangani tugas harian. Berdasarkan penemuan terakhir  dalam survei global  personel dan strategi eksekutif.

WEF membuat “revolusi industri ke empat- topik yang diulas mencakup robor, nanoteknologi, 3D printing dan bioteknologi-  menjadi tema resmi pertemuan tahun ini. Pekerjaan masa depan, akan tergantikan di setiap industri, dan dampaknya  sangat bervariasi, dengan kehilangan terbesar dibidang prerawatan kesehatan. Tercermin dari banyaknya penemuan telemedis, kemudian dikuti bidan energi dan pelayanan keuangan.

Di waktu yang sama, akan ada pertumbuhan permintaan untuk pekerja dengan kemampuan spesifik, seperti analist data dan spesialis pemasaran. Perempuan  nantinya yang akan kehilangan pekerjaan paling banyak, karena pekerjaan mereka lebih sering terkonsentrasi di area pemasaran, kantor dan administrasi.

Sementara laki-laki akan bertambah satu jenis pekerjaan dari tiga kehilangan selama lima tahun ke depan dan  perempuan 5:1 yang berarti para lima perempuan akan  menghadapi kehilangan  pekerjaan untuk satu perempuan yang mendapat pekerjaan.(ish)

BAGIKAN

Komentar Pembaca