4 Alasan Mendirikan Museum Muhammadiyah

0
44

Inspiratifnews.com – Yogyakarta, Museum bagi bangsa Indonesia sangatlah penting dan mendasar sebagai media fisik yang berfungsi sebagai penyimpanan, perawatan, pengamanan, dan pemanfaatan benda-benda bukti materian hasil budaya manusia Nusantara yang berguna bagi pelestarian nilai-nilai keunggulan budaya bangsa.

Museum juga merupakan sarana pengkayaan di bidang pendidikan, hiburan, dan pariwisata. Lebih dari itu semua, museum juga merupakan sarana informasi dan dokumentasi tentang segala sesuatu yang pernah terjadi yang sangat efektif.

Muhammadiyah yang berusia 1 abad lebih, sudah sepantasnyalah memiliki sebuah museum yang dapat menjadi pusat pendokumentasian karya warga Muhammadiyah maupun sejarah keberadaannya di bumi Nusantara ini.

Beberapa alasan mendasar mengapa Persyarikatan Muhammadiyah yang melampaui satu abad ini merasa perlu mendirikan gedung Museum Muhammadiyah antara lain sebagai berikut :

1. KH Ahmad Dahlan sebagai pendiri Muhammadiyah adalah tokoh yang cukup berpengaruh dalam sejarah pergerakan nasional di Indonesia, sehingga riwayat hidupnya sangat penting untuk diabadikan sebagai media informasi keberadaannya bagi generasi yang akan datang. Ketokohan bukan hanya dimiliki KH Ahmad Dahlan, namun beberapa nama tokoh Muhammadiyah seperti Ki Bagus Hadikusumo, KH Mas Mansyur, Amien Rais, AR Fahruddin, dan lain-lain memiliki sejarah yang cukup monumental dalam pergerakan nasional di Indonesia.

2. Muhammadiyah sebagai sebuah gerakan memiliki peranan yang cukup strategis dalam masyarakat Indonesia khususnya di bidang pendidikan, kesehatan dan pelayanan sosial serta bentuk-bentuk aktual dari kiprah Muhammadiyah di era sekarang ini seperti pemberdayaan dan kemanusiaan secara lebih luas.

3. Sudah sangat banyak peninggalan monumental fisik Muhammadiyah yang kehilangan jejak informasinya sehingga dikhawatirkan semakin lama orang tidak akan mengenal secara utuh tempat-tempat yang bersejarah bagi Muhammadiyah dan juga bagi gerakan islam di Indonesia.

4. Secara kuantitas data, sudah sangat melimpah karya-karya monumental warga/tokoh Muhammadiyah yang belum terdokumentasikan secara baik di berbagai daerah dan lembaga di bawah Muhammadiyah sehingga perlu mendpatkan rumah dokumentasi yang memadai untuk menjaga dinamika gerakan Ilmu di dalam visi pencerahan Muhammadiyah di abad kedua ini.

Kegiatan peletakkan batu pertama (groundbreaking) ini adalah kebahagian tersendiri bagi keluarga besar Muhammadiyah karena segera akan dimiliki pusat informasi dan dokumentasi sejarah gerakan Muhammadiyah yang bisa dinikmati oleh warga Muhammadiyah sebagai sebuah kebanggan, serta dinikmati masyarakat luas sebagai gambaran keberadaan Muhammadiyah dalam gerakan ormas di Nusantara.(*)

loading...
BAGIKAN

Komentar Pembaca