5 Prodi UINAM Sepi Peminat

0
169
Inspiratifnews.com – Makassar, Memasuki perkuliahan tahun 2016-2017 liima program studi (PRODI) di Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN Alauddin ) Makassar sepi peminat. Padahal, Mahasiswa baru di prodi-prodi keislaman tersebut sejak awal dijanjikan bantuan berupa beasiswa.
Kelima prodi itu adalah Pengembangan Masyarakat yakni hanya 30 orang, Ilmu Akidah (24 orang), Perbandingan Mashab (23 orang) Perbandingan Agama (11 orang) dan Perbandingan Agama (11 orang).
Rektor UIN Alauddin Makassar  Prof Musafir Pababari MS mengungkapkan, minimnya minat pelajar masuk ke beberapa prodi keislaman merupakan sesuatu yang wajar sebagai bagian dari pilihan para pelajar, bukan hanya di UIN Alauddin melainkan juga sebagian besar Kampus lain. Minimnya peminat kata dia karena masyarakat pada umumnya hanya berpikir pragmatis.
“Pihak Uin belum ada riset soal sepinya peminat bagi prodi itu tapi secara umum masyarakat kita berpikir pragmatis, namun kendatipun hanya pendaftarnya hanya 5 orang saja itu harus dipertahankan, karena prodi prodi itu merupakan pilar dan roh UIN Alaudin,” Tandas Prof Musafir di Gedung Rektorat UIN Alauddin, Selasa (2/8/2016).
Kendati demikian kata Prof Musafir pihak tidak memungkiri perlunya upaya pembaruan secara berkesinambungan di prodi-prodi keislaman agar makin diminati.
“Salah satu yang dilakukan adalah melakukan kerjasama (MoU) di Kabupaten/Kota Sulsel, mendatangi kepala sekolah, para pimpinan pesantren, serta bekerja sama dengan Kementerian Agama (kemenag) untuk lanjut studi di Luar negeri,” Tutupnya.(*).

Komentar Pembaca