9 Mahasiswa Asal Thailand Akan Kuliah Di Unismuh Makassar

0
179

Inspiratifnews.com-Makassar Seleksi  Southern Border Province Administration Center (SBPAC) angkatan ke-8 berlangsung dengan baik dan lancar. Diikuti oleh 265 calon Mahasiswa dari beberapa wilayah di Thailand Selatan, yaitu yala, Pattani, Narathiwat, dan wilayah sekitarnya.

Khusus untuk Unismuh Makassar yg merupakan salah satu Host Penerima beasiswa PTM di Indonesia, bersiap menerima 9 orang untuk 6 Fakultas yang didalamnya terdapat beberapa prodi. Secara umum, program study yang banyak diminati oleh pserta adalah Pendidikan dan Kesehatan.

SBPAC sangat berharap banyak kepada Muhammadiyah untuk menerima lebih banyak lagi peserta setiap tahunnya. Dikarenakan kebutuhan sumber daya manusia yang masih tergolong masih kurang di wilayah Thailand Selatan. Pihak SBPAC yang merupakan sebuah lembaga dibawah naungan pemerintah Thailand secara khusus menangani kerjasama luar negeri yang dapat disamakan degan dibawah naungan Kemenlu.

Para calon peserta seleksi telah mendapatkan pelatihan Bahasa Indonesia selama kurang lebih 1 bulan, untuk mempersiapkan diri menghadapi tes interview oleh Tim Seleksi Penerima Beasiswa PTM di Indonesia. Sebuah nilai plus bagi peserta apabila mereka mampu berbahasa Inggris pada saat wawancara.

Selain kemampuan berbahasa atau berkomunikasi, aspek yang dinilai dan harus dimiliki oleh peserta antara lainnya; Pengetahuan umum tentang jurusan yang dipilih, dimana setiap peserta mendapatkan kesempatan utk memilih 2 PTM dan jurusan berbeda. Berikutnya, aspek kesiapan diri dan sikap, serta intelligence dan pengalaman organisasi.

Adapun hasil tes wawancara yang telah dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Mei 2016, sekiranya akan diumumkan oleh pihak SBPAC seminggu setelahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa Para peserta calon penerima beasiswa PTM harap-harap cemas menunggu hasil dari seluruh tes yang telah dilalui. Sebagai informasi, urutan tes yang dilalui yakni; kelengkapan administrasi, tes tertulis dan interview.

Pemerintah Thailand sangat mengharapkan anak-anak terbaik mereka dapat terserap seluruhnya untuk mendapatkan beasiswa yang telah sediakan oleh Organisasi Muhammadiyah melalui PTM yg dimilikinya, dan tentu saja para peserta harus memenuhi passing grade yg telah distandarkan oleh setiap PTM yang dituju.

Laporan Dari Ismail Sangkala (Koordinator International Publication KUI Unismuh Makassar)

Komentar Pembaca