Ali Mustafa Wafat, Bela Saphira kehilangan Guru Spritual

0
46

Inspiratifnews.com – Makassar, Mantan imam besar Masjid Istiqlal itu mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Hermina, Ciputat, Kamis (28/4/2016) pukul 06.00 WIB.

“Kita semua kehilangan ahli hadis. Saya tak menyangka semua ini bisa terjadi,” kata Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal, Muhammad Muzamil Basyuni seperti dilansir Antara.

Muzamil yang saat ini tengah berada di Yogyakarta untuk menyelesaikan program S-3 di Universitas Gajah Mada (UGM) itu menilai Ali Mustafa sebagai orang yang lepas dan gamblang. Artinya, dalam mengemukakan pendapat tak pernah ada yang ditutupi, namun punya kemampuan mendengarkan pendapat orang lain.

“Saya kadang berkonsultasi dengannya, mengenai hadis, kedudukan hadis, dan ilmu lainnya,” kenang mantan Dubes Suriah itu.

Ali Mustafa Yaqub merupakan ahli hadis yang memiliki kompetensi di bidangnya. Namun di berbagai kalangan ia dikenal sebagai orang keras. “Padahal, di mata saya, normal-normal saja. Orangnya pun baik,” ujar Muzamil.

Selain itu, Mendengar kabar wafatnya imam besar mesjid istiqlal, Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti, merasa kehilangan sosok bapak yang dapat mengayomi anaknya pada sendi – sendi agama.

Selaku guru spritual beliau memberi banyak pengetahuan islam, bahkan beliaulah yang memberi pemahaman pada istri saya (bela saphira) mengenai islam sehingga istri saya menjadi mualaf, papar Pangdam VII Wirabuana saat memberi pengajian di baruga hasanuddin, kamis (28/4). (Ish)

Komentar Pembaca