Amran Sulaiman Paparkan Potensi Pertanian Indonesia di Menara Phinisi

0
200

Inspiratifnews.com – Makassar, Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP mengawali lawatannya ke makassar di hari jumat, 18 November 2016. Mentan mengunjungi Universitas Negeri Makassar (UNM) dalam rangka membawakan kuliah umum.

Dihadapan Civitas Universitas Negeri Makassar, Amran Sulaiman di dampingi Kapolda Sulselbar, Kapendam, dan Rektor Unm memaparkan materi kuliah umum yang dihadiri ribuan peserta.

Arah Kebijakan Sektor Pertanian Dalam Percepatan Pembangunan Bangsa adalah tema kuliah umum yang dibawakan Amran Sulaiman, beliau menjelaskan bahwa pondasi dasar kemajuan bangsa adalah swasembada pangan, hal ini tidak muluk – muluk sebab Indonesia merupakan negara agraris.

Menurut Amran, faktor penghambat mundurnya sektor pertanian di Indonesia dipengaruhi oleh regulasi pengadaan pupuk dan alsintan, regulasi anggaran pertanian didaerah, dan regulasi harga gabah dan pupuk.

Untuk itu, kata Amran, regulasi kebijakan dan revolusi mental dibidang pertanian melalui pertanian modern dengan penggunaan varietas unggul, sehingga masyarakat Indonesia yang berprofesi petani berpotensi memperoleh pendapatan meningkat 316 Triliun/tahun dan ditergetkan Indonesia mencapai target swasemba pangan 2045 mendatang.

Revisi regulasi kebijakan itu, lanjut Arman, bagian dari kerja nyata seorang anak pondokan yang punya Hati Mekkah Otak Jerman dalam membangun bangsa, buktinya 2 tahun terakhir Indonesia telah mengekspor Beras ketan ke Belgia, tangkasnya. (*)

Komentar Pembaca