Andi F Noya Bincang Manfaat JKN – KIS

0
129

Inspiratifnews.com – Makassar, Lebih dari dua tahun sudah BPJS Kesehatan menjalankan perannya sebagai pelaksana program jaminan sosial di bidang kesehatan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Program JKN-KIS merupakan program negara yang dihadirkan untuk memberikan akses finansial kepada seluruh Rakyat Indonesia, dalam rangka memenuhi kebutuhan mendasar mereka di bidang kesehatan.

Keberadaan Program ini telah membuka kesempatan mendapatkan pelayanan kesehatan secara adil dan merata bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan dari segmen manapun, baik yang mampu maupun yang tidak mampu, dari kalangan penerima bantuan iuran, hingga pemilik perusahaan, dengan iuran yang terjangkau.

Kita pahami bersama bahwa program ini berlandaskan prinsip gotong-royong, dimana iuran dari peserta yang sehat membantu peserta yang sakit, yang mampu membantu yang tidak mampu, yang muda membantu yang tua.

Sampai dengan saat ini, jumlah Peserta JKN-KIS telah mencapai 168 juta jiwa dari berbagai segmen kepesertaan. Ini berarti lebih kurang 65% penduduk Indonesia telah menjadi peserta JKN-KIS. Dari jumlah tersebut, hampir 24 juta peserta merupakan pekerja yang didaftarkan oleh pemberi kerjanya.

Sehingga sampai dengan saat ini, 24 juta pekerja Badan Usaha baik dari BUMN, BUMD, dan Badan Usaha Swasta telah dilindungi dalam jaminan kesehatan yang komprehensif melalui Program JKN-KIS. Kami berharap kesadaran bergotong-royong ini dapat kita tingkatkan sehingga pekerja yang belum menjadi Peserta JKN-KIS dapat segera didaftarkan untuk mendapatkan perlindungan kesehatan dalam program ini”, ujar Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari.

Dalam Forum Diskusi bertajuk Bincang JKN-KIS Bersama Andy F.Noya bertemakan Sinergi Kekuatan Bangsa Untuk Perlindungan Pekerja” dengan peserta diskusi adalah para Direksi BUMN, Badan Usaha Besar di wilayah Sulawesi Selatan, Asuransi Komersial, Manajemen Rumah Sakit di wilayah Sulawesi Selatan, dan stakeholder terkait JKN-KIS di Makassar (14/09), turut hadir pula brand ambasador BPJS, Ade Rai.

Dalam Bincang JKN-KIS bersama Andy F. Noya, membahas bersama Implementasi JKN-KIS dari berbagai sisi, bagaimana sinergi kekuatan bangsa dapat meningkatkan perlindungan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya bagi para pekerja melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat.

Kami berharap, bincang JKN-KIS pada hari ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya dalam memperkuat dan meningkatkan perlindungan jaminan kesehatan bagi para pekerja, karena pekerja yang sehat, tentunya akan lebih produktif dan dapat berkontribusi besar bagi perusahaannya, papar Andayani pada inspiratifnews.com, 14 september di Hotel Grand Clarion.

Penguatan Koordinasi Manfaat Untuk memastikan rakyat Indonesia memiliki perlindungan kesehatan secara adil dan merata, serta mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, BPJS Kesehatan beserta stakeholder terkait terus berupaya meningkatkan kualitas Program JKN-KIS, salah satunya melalui penguatan implementasi koordinasi manfaat atau coordination of benefits (COB).(*)

Komentar Pembaca