Anggaran Dana Desa Mencapai Rp. 44 Milliar

0
218

Inspiratifnews.com-Pinrang- Dana Desa 2016 untuk Kabupaten Pinrang Diprediksi mengalami kenaikan.Pagu anggaran yang dipatok untuk dana desa tersebut mencapai Rp.44 Milyar untuk 69 Desa yang ada di Kabupaten Pinrang.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa kabupaten Pinrang Alimin mengatakan,Dana desa untuk 2016 akan mengalami kenaikan dibanding 2015.Pagu anggaran dana desa untuk tahun ini mencapai Rp44 Milyar, sementara tahun sebelumnya hanya Rp19 Milyar untuk 69 Desa di Bumi Lasinrang ” Jadi ada kenaikan Pagu Anggaran ” katanya, di Pinrang Kamis 14/1/2016.

Dari Pagu anggatan itu kata dia, rata rata desa akan mendapatkan diatas  Rp650 juta, bahkan dapat mencapai Rp900 juta untuk desa yang kompleks ” Sementara untuk tahun ini, setiap Desa rata rata menerima diatas Rp250 juta “.

Dana desa 2015 lanjut dia, secara keseluruhan telah disalurkan ke setiap desa yang menerima, Pemerintah Kabupaten Pinrang menurut Alimin, menggunakan sistem pengelolaann keuangan berbasis Informasi Tekhnologi ( IT) dan aplikasi untuk menjaga Akuntabilitas pengelolaan dana desa yang telah disalurkan ” Sehingga pengelolaan dana desa dilakukan secara transparan “.

Sebelumnya Alimin juga menerima rombongan Komisi A DPRD provinsi Sulawesi Selatan, guna mencari masukan terkait Undang Undang Desa , Pemilihan Kepala Desa dan Tapal batas.

Untuk Tapal batas Kabupaten Pinrang dengan Kabupaten Sidrap, Pinrang dan Sulawesi Barat tidak ada permasalahan, hanya saja pihaknya akan berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi untuk mencari solusi yang tepat, terkait perbatasan Pinrang- Parepare.

Ketua Komisi A DPRD  Provinsi Sulawesi Selatan A Yaqkin Pajalangi penyelesaian batas kota itu perlu segera diselesaikan ” Ya kedua daerah yang bersangkutan harus intens menjalin komunikasi dan berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi, untuk penyelesaian tapal batas itu dengan jelas “.

Dia mengatakan, terkait penyaluran dana desa diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat secara merata hingga ke pelosok pedesaan ” Itu harapan kita, supaya dana desa ini dapat mensejahterakan masyarakat kita “.(ish)

Komentar Pembaca