Arqam : Belumpi Pemuda Kalau Modal CV

0
146

Inspiratifnews.com – Makassar – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar dialog Peningkatan Partisipasi Pemilih, di Aula KPU Sulsel, Jalan AP Pettarani Makassar, Selasa (22/11/2016).

Dialog ini di gelar dalam rangka mensosialisasikan strategi peningkatan partisipasi pemilih yang berkualitas menuju Pilkada Serentak yang akan diselenggarakan pada tahun 2018. Dalam dialog ini, hadir sebagai pembicara Arqam Azikin pengamat Politik dan Kebangsaan.

Ia menyampaikan pentingnya kaum muda menjadi generasi yang aktif dalam mensosialisasikan kesadaran politik pada kaum muda. “Anak muda di jaman kekinian harus di olah watak dan mentalnya dalam menumbuhkan karakter yang sesuai dengan keinginan Founding Father bangsa,” ungkap Arqam.

“Kalau anak muda mengaku aktifis baru bermodalkan curikulum vitae, belum bisa dikatakan aktifis kalau belum berani bertarung pada proses pilkada, minimal anak muda menentukan sikap terhadap calon usungan tertentu bukan golput, sementara istilah kaum muda ada di pergerakan mahasiswa. Dan anak muda yang berpikir jangka panjang itu namanya anak muda yang visioner,” tegasnya.

Ia pun mengungkapkan “Kata pemilih itu adalah penentu, penentu proses, penentu bagaimana proses berjalan atau tidak. Karena kita bagian dari penentu dan sekarang kita juga bagian dari penentu proses politik kenegaraan, dan yang paling jadi penentu sekarang adalah pemilih merupakan radius pada wilayah masing-masing,” tangkasnya.

Sementara itu, Faisal Amir, Komisioner KPU Sulsel mengakui bahwa partisipasi pemilih menjadi hal yang lebih serius. Sehingga ia berharap dengan sosialisasi ini dapat menjadi langkah yang baik dalam meningkatkan partisipasi pemilih, terkhusus di pemilih muda.

“Partisipasi pemilih menjadi hal yang serius bagi kami, karena partisipasi pemilih dibeberapa Pemilu terakhir relatif mengalami penurunan,” tutur Faisal. Selain itu, dalam dialog ini juga dihadiri oleh organisasi kemahasiswaan seperti Organisasi Perempuan Makassar, HMI, PMII dan IMM. KNPI Sulawesi Selatan dan beberapa organisasi kepemudaan lainnya. (*)

Komentar Pembaca