Bahas Bangunan Grand Mall, DPRD Maros Gelar RDP Bersama Ormas

0
245

Inspiratifnews.com-Maros Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab. Maros menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama beberapa unsur Ormas Islam serta pihak manajemen Grand Mall Batangase, Senin (5/6/2107).

RDP yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kab. Maros Chaidir Syam yang didampinngi anggota DPRD lainnya ini membahas terkait bangunan Grand Mall yang terdapat di Batangase Kab. Maros yang dianggap memilki desain dan interior paham dan agama tertentu.

“Awalnya RDP ini diajukan oleh Gerakan Masyarakat Maros (GAMMA) untuk dua hal yaitu Tenaga Kerja dan AMDAL. Karena beberapa OKP dan Ormas Islam juga ingin menanyakan perihal patung dan lukisan ornamen hampir di seluruh bagian Grand Mall Batangase, yang seakan mewakili satu ideologi, seakan tidak menghargai kearifan lokal bugis makassar dan spiritual mayoritas muslim. Sehingga kita memnita agar ornamen yang kurang menghargai dan mengandung unsur pornografi tersebut diganti yang lebih mengenalkan budaya lokal dan bernilai edukatif.” ungkap Fakhruddin Ahmad yang hadir mewakili Pimpinan Darul Istiqamah Maccopa.

Fakhrul menambahkan bahwa dalam RDP tersebut juga terungkap jika izin yang awalnya 6 hektar hanya untuk Mall lalu meluaskan lahan 2 hektar untuk Hotel dan Waterpark. Selain itu Izin Amdal bangunan tersebut belum keluar, sehingga Soft Opening yang rencaanya di gelar tanggal 7 Juli 2017 ini belum bisa dilakukan.

“Acara (soft opening) ditolak oleh Kabag Badan Lingkungan Hidup Maros dan beberapa anggota DPRD Maros jika izin Amdal belum keluar” tandas Fahkrul.

Selain itu dalam RDP tersebut juga dibahas persoalan pembukaan tenaga kerja yang juga tidak memenuhi unsur transparansi (Hanya lewat facebook dan terkesan tertutup) dan tidak berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja Kab. Maros maupun Provinsi Sulsel.

“DPRD Maros bersama SKPD terkait akan melakukan peninjauan langsung dan olah data 200 karyawan yang telah diterima” uangkapnya

Turut hadir dalam RDP ini Kabag BLH dan Kepala Satpol PP Pemda KAb. Maros,  GAMMA, MUI Maros, Pemuda Pancasila, KAMMI Maros, Pemuda Muslim Maros, Aliansi Pemuda Mandai, Pesantren Darul Istiqamah, dan beberapa Ormas lainnya. (uc2)

Komentar Pembaca