Bank Indonesia Gelar Nobar Launching Mata Uang Rupiah Baru

0
171

Inspiratifnews.com – Makassar, Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan diakhir tahun 2016 mengeluarkan mata uang rupiah baru dimana mata uang rupiah baru ini menampilkan 8 tokoh pahlawan dan desainnya sangat ramah dengan tuna netra.

Foto suasana nonton bareng launching mata uang rupiah baru di Bank Indonesia Sulawesi Selatan, 19 Desember.
Foto suasana nonton bareng launching mata uang rupiah baru di Bank Indonesia Sulawesi Selatan, 19 Desember.

Sehubungan dengan itu, pada hari ini, senin 19 desember Bank Indonesia (BI) perwakilan sulawesi selatan menggelar nonton bareng launching mata uang rupiah baru bersama jurnalis di Menara Bosowa Lantai 11, peluncuran mata uang baru dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Presiden Jokowi, menekankan pentingnya mencintai dan menggunakan mata uang rupiah pada setiap transaksi keuangan didalam negeri, paparnya.

img_20161219_105421_crop_797x360

Sementara itu, Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Suhaedi mengungkapkan desain uang tahun emisi (TE) 2016 dilakukan dengan penyempurnaan fitur kode tuna netra (blind code) dengan melakukan perubahan desain pada bentuk kode tuna netra berupa efek rabaan (tactile effect) untuk membantu membedakan antar pecahan dengan lebih mudah.

“Pada saat kita mendesain uang rupiah baru ini, kita bertemu dengan lebih dari 10 orang. Kemudian kita uji cobakan. Mereka alhamdulillah bisa dengan cepat membedakan,” kata Suhaedi seperti dikutip dari Setkab.go.id, Senin (19/12/2016).

Fitur ini mempermudah identifikasi dan meningkatkan aksesibilitas uang rupiah bagi penyandang tuna netra. Sesuai dengan amanat UU Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pengesahan Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas, berikut video streaming launching mata uang rupiah : https://youtu.be/24knbvK3Qzs

Komentar Pembaca