Bansos Non Tunai Disalurkan Pada KPM Akhir Februari

0
138

Inspiratifnews.com – Makassar, Merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2016 tentang strategi Nasional Keuangan Inklusif Khususnya Pilar 1 Edukasi Keuangan dan Pilar 4 Pelayanan Keuangan pada sektor pemerintah terkait penyaluran program bantuan sosial secara non tunai, OJK turut mendukung dan mengimplementasikan program pemerintah tersebut.

Guna mewujudkan hal tersebut, OJK, Bank Indonesia, Kemensos RI, Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan RI, dan Inklusi Jasa Keuangan OJK, melakukan Edukasi Keuangan penyaluran bantuan sosial non tunai, selasa, 21 februari 2017 di Graha Pena Makassar.

Inisiasi penyaluran bantuan sosial secara non tunai dilaksanakan pada Program Bantuan Pangan, Program Keluarga Harapan (PKH), dan Program Indonesia Pintar (PIP) yang akan diresmikan Presiden Republik Indonesia pada akhir februari 2017.

Dana Bantuan Langsung Tunai atau Bantuan Sosial yang sebelumnya diserahkan dalam bentuk Tunai, namun pemerintah telah merivisi kebijakan tersebut berupa penyaluran bansos non tunai.

Bank Pemerintah yang melayani penyerahan Bansos Non Tunai yakni Bank BNI dan Bank BRI. Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Pemerintah kota makassar melalui Kadis Sosial Mukhtar Tahir menjelaskan, pihaknya tengah mempersiapkan proses penyaluran bantuan non tunai pada keluarga penerima manfaat (KPM), setelah proses edukasi keuangan bagi pendamping, TKSK, dan KPM segera akan merealisasikan program pemerintah ini.

“Para keluarga penerima manfaat, sudah jauh hari sering bertanya – tanya pada kami bahwasanya kapan penyaluran bansos non tunai itu?, saya jawab iya, pada bulan januari – februari kami akan salurkan paling lambat 23 februari, kata Mukhtar Tahir Kadis Sosial Makassar.

Sebanyak 242 Agen Bank BRI di Makassar siap melakukan penyaluran Bansos Non Tunai, Proses penyaluran Bansos non tunai menggunakan Kartu Keluarga Sehat yang telah diisi dana bansos non tunai. Jadi bagi keluarga penerima manfaat segera melapor pada tim pendamping, agen dan TPSK. (*)

Komentar Pembaca