Bantuan Untuk Muallaf Amerika Dinilai Salah Sasaran, Ini Komentar Komisioner Baznas Enrekang

0
60

Inspiratifnews.com-Enrekang Menanggapi hal yang beredar dikalangan Masyarakat tentang Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Enrekang yang memberikan bantuan kepada Muallaf yang ada di Amerika sebesar tujuh juta rupiah kepada Yayasan Nusantara Foundation Amerika yang dinilai salah sasaran pada acara Tabliq Akbar baru-baru ini, Ketua Baznas Enrekang angkat bicara untuk meluruskan hal tersebut.

Dr. Ilham Kadir yang merupakan Ketua Baznas Enrekang mengutarakan bahwa penyerahan bantuan kepada Yayasan Nusantara Foundation yang dipimpin oleh Imam Shamsi Ali tellah melalui proses rapat pleno pengurus Baznas Enrekang dengan berbagai pertimbangan.

“Bantuan yang diberikan untuk Yayasan Nusantara Foundation Amerika sebab masuk dalam kategori mustahik. Sebab yayasan tersebut memberdayakan para muallaf tanpa melihat ras dan teritorial. Muallaf adalah salah satu dari 8 golongan yang berhak dapat zakat atau infak” ungkapnya saat ditemui dikediamannya.

Ia menambahkan bahwa selama ini program-program yang dirapatkan bersama Bapak Bupati hanya terkait dengan program rutin seperti bantuan bedah rumah, bantuan penyaluran terna, dan bantuan kesehatan. Semua program disusun dan dirancang oleh para pimpinan Baznas Enrekang, bukan Bapak Bupati.

“Pihak Yayasan Nusantara Foundation Amerika tidak pernah mengajukan permohonan dana kepada Baznas Enrekang, pemberian bantuan tersebut murni hasil rapat pleno dari segenap pimpinan pada hari Kamis 6 Juli 2017 di Kantor Baznas, sama sekali tidak ada campur tangan Bapak Bupati Enrekang” imbuhnya.

Lebih Lanjut Ia menambahkan bahwa Baznas tidak pernah punya program rutin membantu mereka yang berada di luar kabupaten. Ini adalah bantuan pertama yang disalurkan Baznas untuk kategori dari luar kabupaten. Baznas sebelum menyalurkan bantuan sudah melakukan rapat dan kajian yang berdasarkan syariat, dan itu dibolehkan, hanya saja jika dipandang mengandung asas manfaat.

“Program eksidental semacam ini boleh jadi yang pertama dan terakhir, Baznas tetap menerima masukan dan tegur sapa dari segenap masyarakat Enrekang, khususnya dalam pendistribusian zakat dan infak, dan poin terakhir Kita yakin bahwa apa saja yang kita infakkan pada kebaikan akan diganti oleh Allah sebagaimana janji-Nya dalam Al-qur’an Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya. (QS. Saba'[34]:39)” pungkas Ilham Kadir. (*)

Komentar Pembaca