Bebaskan WNI! Perusahaan Bayar Abu Sayyaf 50 Juta Peso

0
76

Inspiratifnews.com, Ternate — Pembebasan 10 warga negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina masih dalam tahap negosiasi antara perusahaan dengan pihak penawan. Perusahaan sepakat untuk membayar 50 juta peso atau setara Rp 37,7 miliar untuk membebaskan 10 WNI tersebut.

Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pada pekan ini akan ada pertemuan lagi dan perbincangan lagi antara pihak pengusaha dengan pihak penawan. “Tapi kemarin sudah disepakati 50 juta peso itu akan diserahkan di satu tempat,” ujar Luhut kepada awak media, Selasa (19/4).

Untuk penyelesaian secara militer, Indonesia masih menahan diri sepanjang pihak Filipina belum memberikan lampu hijau untuk terjun langsung. Namun, intel militer tak tinggal diam. Menurut Luhut, hingga saat ini kondisi kesehatan dan keberlangsungan hidup 10 WNI yang disandera ini masih terpantau.

Untuk empat orang yang ditahan menyusul 10 orang lagi masih diusut keberadaannya. Pihak Indonesia masih mencoba melakukan kontak dan mendeteksi lokasi keberadaan mereka.

“Yang empat orang masih kita usut. Yang 10 ini masih lebih lancar dibandingkan yang empat,” ujar Luhut.(ish/rol)

Komentar Pembaca