Begini Kesiapan PLN Hadapi Bulan Suci Ramadhan 1438 H

0
149

Inspiratifnews.com – Makassar, Listrik merupakan hal yang sangat esensial dalam kehidupan terutama di waktu khusus termasuk bulan suci Ramadahan. Untuk mendukung kenyamanan pelanggan dalam melakukan ibadah dibulan suci ramadhan, PT PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar jauh hari telah melakukan persiapan khusus untuk menjaga pasokan listrik tetap handal.

Sehingga pelanggan merasa kenyamanan dalam melakukan ibadah di bulan suci ramadhan. Adapun persiapan khusus PLN Wil. Sulselrabar menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1438 H, yaitu :

– Membentuk tim khusus yang siaga penuh 24 jam.

– Membuat SOP khusus siaga bulan ramadhan.

– Jauh hari telah melakukan pemeliharaan mesin-mesin pembangkit.

– Melakukan perbaikan jaringan, perampalan pohon, meminimalisir potensi terjadinya gangguan sejak jauh-jauh hari dengan melakukan pemeliharaan penyulang dll.

– Menyiapkan genset mobile untuk beberapa mesjid besar.

Hingga saat ini kondisi sistem kelistrikan di PLN Wil. Sulselbar masih tergolong aman, dengan daya mampu sebesar 1244 MW, beban puncak sebesar 1107 MW. Berdasarkan analisa data, prediksi beban selama bulan ramadhan diprediksi tidak mengalami kenaikan beban signfikan.

Walaupun kondisi kelistrikan masih tergolong aman, namun tidak menutup kemungkinan akan adanya gangguan baik secara tekhnis maupun non tekhnis yang tidak bisa diprediksi.

Untuk itu, PLN juga tak jenuh untuk senantiasa mengingatkan pelanggan agar tetap melakukan gerakan hemat listrik. Disamping itu, Khusus kepada Keluarga Besar PT PLN (Persero), dihimbau agar memberikan contoh perilaku hemat energi (listrik) di rumah dan menjadi teladan bagi para tetangga di lingkungan masyarakat sekitarnya dengan mengurangi pemakaian listrik yang tidak perlu.

Menghindari penggunaan listrik terutama saat beban puncak (17.00 – 22.00) dan senantiasa bersosialisasi seputar hemat listrik dengan para tetangga. Mari kita wujudkan Budaya Hemat Energi. Dengan melakukan penghematan penggunaan listrik, berarti Anda telah turut serta menjaga pasokan listrik.

Semoga semuanya berjalan aman dan lancer, sehingga umat muslim merasa nyaman dan lebih khusuk dalam menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan 1438 H. (*)

Komentar Pembaca