Begini Strategi Kepemimpinan Mahasiswa Fisip Unismuh

0
66

Inspiratifnews.com – Makassar, Ikhtiar untuk mengembangkan kapasitas teoritis dan praktis bidang keilmuan mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP Unismuh, terus di lakukan. Beberapa aktivitas perkuliahan di desain dengan bobot praktikal yang dominan. Dengan demikian, kehadiran dosen-dosen tamu semakin meningkatkan kemampuan mahasiswa, kegiatan ini berlangsung di Mini Hall FISIP Unismuh, Lt. 5 Gedung Iqra’ Unismuh, Kamis tgl 13 Oktober 2016.

Mata kuliah Kepempimpinan Pemerintahan misalnya, yang menggelar Kuliah Tamu Kepemimpinan dengan menghadirkan motivator kepemimpinan andal Seftian Chow. Seftian Chow hadir dengan membawakan materi tentang Strategi Kepemimpinan Sun Tzu. Menurutnya Tzun Su adalah panglima Politik terbaik yg pernah dimiliki bangsa Tionghoa, Tsun Tzu mengatakan, Kalau Anda mengetahui potensi diri Anda, maka Anda tdk akan pernah kalah dalam perang.

Seftian Chow yg juga pendiri SF Chow Consulting di kenal menguasai bidang membaca kepribadian lewat tulisan (Grafology), ilmu firasat wajah atau ilmu membaca karakter seseorang lewat wajah (Fisiognomy) serta membaca garis tangan (Palm Mistery) ini, mengingatkan bahwa Sun Tzu selalu fokus pada pengetahuan lapangan atau teritorial dalam strategi kepemimpinan.

Pembicara lain, Muhammad Ahsan Samad, dosen mata kuliah Kepemimpinan Pemerintahan di Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unismuh juga menjadi narasumber dengan mengeksplorasi Kepemimpinan Muhammad Al Fatih dalam Memimpin Penaklukan Konstantinopel.

Muhammad Al Fatih memperlihatkan korelasi antara kepemimpinan Islam dan strategi Politik Pemerintahan tingkat tinggi dlm menaklukkan kota Konstantinopel, sebuah kota yang tidak pernah ditaklukkan selama beberapa abad sebelumnya.

Muhammad al-Fatih dan Tsun Tzu adalah teladan kepemimpinan untuk generasi Muda dalam mempersiapkan diri untuk menjadi calon pemimpin yang berkarakter. keduanya punya Visi yang jelas dan bahkan Sultan Al Fatih meneladani akhlak mulia sesuai tuntunan Rasulullah SAW.

Sementara itu, menurut Andi Luhur Prianto, Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Unismuh, “kegiatan perkuliahan dengan menghadirkan dosen tamu ini patut di apresiasi. Apalagi soal kepemimpinan, tentu bisa menginspirasi kalangan pemimpin muda. Kedepan, mahasiswa kita perlu di kembangkan wawasannya tentang model-model kepemimpinan inspiratif, inovatif dan transformatif seperti ini”.

Beberapa model pengembangan pengembangan kepemimpinan telah di rancang Jurusan Ilmu Pemerintahan Unismuh untuk membekali mahasiswanya wawasan dan keterampilan memimpin di semua medan pengabdian. (*)

Komentar Pembaca