BI Bantah Rupiah Baru NKRI Mirip Yuan

0
114

 

Inspiratifnews.com – Makassar — Assisten Direktur Analis Ekonomi Senior Devisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi Daerah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Hermanto membantah tampilan rupiah baru yang hampir mirip dengan mata uang Republik Cina, Yuan.

“Memang jika dilihat sekilas hampir dari tampilannya menyerupai Yuan tapi itu sama sekali berbeda, kalau Cina kan hanya mempunyai satu pahlawan sedangkan kita banyak, itu berbeda sekali,” kata Hermanto, Rabu 21 Desember 2016.

Dia melanjutkan, dilihat dari font, warna, desainnya sangat berbeda, terlebih pada Undang Undang telah diatur bahwa desainnya itu haru memuat sesuatu yang mendirikan Indonesia. Seperti Pahlawan, seni dan budaya serta keindahan alam Indonesia.

“Fontnya saja berbeda,(sambil menunjukkan gambar uang baru NKRI) ini cuma satu sisi saja, apalagi kalau sisi yang satunya lagi. Tidak ada mirip nya sama sekali,” tandasnya.

Sedangkan untuk gambar Pahlawan dan kesenian pada uang NKRI yang baru, Hermanto menjelaskan penentuannya itu dari tim pemerintah dan Bank Indonesia yang memang ada ahlinya.

“Penentuan gambar itu memang ada tim tersendiri dari pemerintah dan Bank Indonesia, ada ahli sejarah dan ahli lainnya yang terkait dengan maslah kepahlawanan, ahli kesenian dan kebudayaan yang mewakili seluruh Indonesia dan akhirnya dipilih beberapa daerah,” paparnya.

Lebih lanjut, Hermanto memaparkan jika tahun ini BI menggunakan gambar pahlawan yang belum pernah dijadikan simbol pada mata uang rupiah sebelumnya kecuali proklamator Soekarno Hatta.

“Tahun ini itu adalah pahlawan yang belum pernah dijadikan simbol dimata uang yang sebelumnya kecuali proklamator, Soekarno Hatta,” imbuhnya.

Sementara itu untuk percetakannya, mengacu pada undang undang dimana disebutkan bahwa Bank Indonesia harus mencetak di Peruri. Dan tidak diperbolehkan mencetak ditempat apalagi dinegara lain. (*)

Komentar Pembaca