Bidang KDI IPM SulSel Ikuti PDPMN Di Jogja

0
117

Inspiratifnews.com-Jogja Mengisi Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM) Bidang Kajian Dakwah Islam (KDI) menggelar Pelatihan Da’i Pelajar Muhammadiyah Nasional (PDPMN) di Jogja sejak tanggal 15-19 Juni 2016 mendatang di Maskan Al Kindi Kaliurang Jogja.

Pelatihan ini mengangkat tema, “Dakwah komunitas virtual untuk generasi Z”. Sebagaimana generasi Z yang disebutkan dalam buku Grown up digital karya Don Topscoot adalah generasi yang lahir dari tahun 1998-2010. Generasi ini juga di sebut Generasi Net yaitu generasi yang sudah sangat mengerti teknologi.

Tak ingin ketinggalan, Bidang KDI IPM Sulsel juga menawarkan konsep dakwah Gerakan Jama’ah Dakwah Jama’ah berbasis komunitas di sekolah.

“Generasi Z ini adalah mad’u (objek Dakwah) baru IPM sebagai mad’u utama IPM. Sebab mereka ini sekarang masih berusia pelajar SMP hingga SMA”, jelas Syamsul Hidayat Kabid KDI IPM Sulsel, Jum’at (17/6/2016).

Tidak hanya itu, yaya panggilan akrabnya kembali menanggapi bahwa IPM memang perlu menciptakan sbuah formulasi dakwah bagi generasi Z yang bersasis dunia digital karena sangat terikat pada realitas berbasis internet. Kecenderungan mereka yang hidup dengan orientasi sperti itu akan menjadikan mereka autis sosial.

Selain itu, yaya juga menaruh harapan agar setelah pelatihan dai tersebut mampu merumuskn dan mengembangkan inovasi dakwah dalam bentuk komunitas virtual maupun kelompok berbasis komunitas sebaya di sekolah sebagai mad’u utama dakwah IPM dan ada sbuah produk berupa guidebook yang bisa di gunakan oleh dai pelajar muhammadiyah dalam menjalankan dakwah bagi komunitas Z tersebut. (uc2)

Komentar Pembaca