BLHD Kota Makassar Gelar Workshop Daur Ulang

0
125

Inspiratifnews.com – Makassar, Badan Lingkungan Hidup (BLH) kota Makassar menggelar workshop terkait dengan pengembangan produksi lingkungan daur ulang di hotel Ramedo Selasa 3 Mei 2016.

Dalam workshop tersebut para peserta diajar bagaimana menjadikan sampah sebagai berkah dan bisa bernilai ekonomis. Dr.Fatmawati  Andi Mappasere sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut berbicara bagaimana menangani persoalan sampah. Dia menjelaskan bahwa salahsatu masalah terbesar sampah saat ini dikarenakan semakin menumpuknya sampah.

“Saat ini penimbunan sampah sudah menjadi masalah nasional, dimana setiap hari setiap orang memproduksi sampah sekitar tiga kilogram per orang,” jelasnya.

Dia memaparkan bahwa selain masalah produksi sampah yang terus meningkat,juga adalah perilaku masyarakat terhadap pengelolaan sampah. Menurutnya perlu ada paradigma baru masyarakat dalam pengelolaan sampah. Dimana dalam paradigma lama sampah dikumpul angkut buang. Sedang yang dibutuhkan saat ini paradigma baru pengeloalan dengan metode 3R dengan memanfaatkan sampah.

Sementara seorang pengelola bank sampah, Irfan mengungkapkan bahwa pemerintah belum serius dalam mengelola sampah termasuk dalam hal pengelolaan sampah. “Selama ini bank sampah hanya menangani sampah kering padahal sampah basah juga bisa dijadikan kompos,” ujarnya. Workshop ini selain praktisi dan pemerintahan juga hadiri para pengelola sampah. (ish)

Komentar Pembaca