BMKG : Gempa Toraja Tak Berpotensi Tsunami

0
72

Inspiratifnews.com-Toraja Bencana Gempa Bumi terjadi di Tana Toraja Provinsi Sulawesi Selatan Kamis (6/10/2016). Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar menyampaikan melalui rilisnya beberapa waktu lalu bahwa gempa ini tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

Warga diminta agar tetap tenang dan mengikuti petunjuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan BMKG. Ini pernyataan resmi BMKG Wilayah IV Makassar:

Hari Kamis Tanggal 6 Oktober 2016 Gempa Bumi tektonik mengguncang wilayah Tanah Toraja, hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 16:32:58 Wita dengan kekuatan M=4.0 SR dengan epicenter pada koordinat 2.91 LS – 119.74 BT pada kedalaman 10 km.

Peta tingkat gonjangan (Shakemap) BMKG menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa gonjangan kuat dirasakan di Tana Toraja dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau (II-III MMI).

Di daerah ini gonjangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh banyak orang. Sampai dengan saat ini belum ada laporan adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi Tana Toraja yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada Pukul 18.30 Wita belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Gempabumi yang terjadi tidak berpotensi Tsunami.

Demikian informasi awal yang dapat kami sampaikan.

Makassar, 6 Oktober 2016
Ikhsan, ST
Kabid Obsevasi BBMKG Wilayah IV Makassar. (*)

Komentar Pembaca