BNN dan Pelindo IV Jalin Kerjasama Atasi Penyalahgunaan Narkoba

0
54

Inspiratifnews.com – Makassar, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia tentang Kerja Sama Penanggulangan Bahaya Penyalahgunaan Narkotika di Makassar pada Senin, 25 Juli 2016.

Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung mengatakan, maksud penandatanganan Nota Kesepahaman ini adalah untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan rencana kerja sama antara Pelindo IV dengan BNN.

“Yaitu untuk pelaksanaan sosialisasi dan kampanye bahaya penyalahgunaan Narkotika oleh Pelindo IV dan BNN di areal pelabuhan atau areal lain di wilayah kerja Pelindo IV,” jelas Dirut Doso Agung.

Selain itu lanjut dia, juga untuk penyediaan sarana pendukung pemeriksaan atau pengawasan Narkotika untuk mendukung tugas BNN di pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo IV.

Sementara itu, tujuan dari Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Dirut Pelindo IV Doso Agung bersama Kepala BNN Komisaris Jenderal (Pol) Budi Waseso ini adalah untuk menyusun rencana kerja guna menciptakan sinergi kerja sama antara kedua belah pihak, dengan prinsip saling mendukung dan bermanfaat bagi Pelindo IV maupun BNN dalam rangka mengatasi penyalahgunaan Narkotika.

Ruang lingkup Nota Kesepahaman ini menurut Doso Agung, meliputi persiapan pelaksanaan rencana kerja sama yang akan dilakukan oleh masing-masing pihak untuk mewujudkan sinergi.

Dalam MoU tersebut, tugas Pelindo IV sebagai Pihak Kedua di antaranya, menyiapkan materi, bentuk dan format sosialisasi kampanye Bahaya Penyalahgunaan Narkotika, serta menyediakan lokasi di pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo IV untuk digunakan BNN dalam melakukan pengawasan dan penanggulangan Penyalahgunaan dan Penyelundupan Narkotika.

Sedangkan tugas yang harus dilakukan oleh BNN sebagai Pihak Pertama di antaranya, memberikan masukan dan arahan terkait materi, bentuk dan format sosialisasi dan kampanye Bahaya Penyalahgunaan Narkotika.

“Juga memberikan masukan dan arahan kepada pihak Pelindo IV, mengenai fasilitas dan sarana di pelabuhan yang dibutuhkan untuk pengawasan dan penanggulangan Penyalahgunaan dan Penyelundupan Narkotika.”

Doso Agung menyadari bahwa beberapa wilayah cabang Pelindo IV merupakan perbatasan dengan negara tetangga, sehingga rawan. “Oleh sebab itu, untuk mencegah masuknya narkoba, sangat diperlukan adanya kerja sama dengan BNN,” tukasnya. (*)

Komentar Pembaca