Bowo Budiarto Jabat Komandan Lanud TNI AU Sultan Hasanuddin

0
201

 

Inspiratifnews.com – Makassar – Kolonel (Pnb) Bowo Santoso menjabat sebagai Komandan Pangkalan Udara TNI AU Sultan Hasanuddin menggantikan Marsekal Pertama (Marsma) TNI Nanang Santoso.

Upacara serah terima jabatan dipimpin langsung Panglima Komando Operasi TNI AU II, Marsekal Muda TNI Umar Sugeng Hariyono SIP, di Apron Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin, Jumat (11/11/2016). Serah terima jabatan ini disaksikan unsur musyawarah pimpinan daerah Provinsi Sulsel, Mitra AU dan kalangan dunia usaha.

Dalam sambutannya Umar mengatakan, pergantian kedua perwira itu merupakan hal yang biasa, dan dilakukan secara teratur di tubuh organisasi TNI AU sebagai bentuk penyegaran atau promosi jabatan.

“Pergantian jabatan ini merupakan sistem pembinaan di lingkungan Angkatan Udara. Selain itu, juga sebagai upaya untuk menggali potensi dan mendapatkan inovasi baru,” kata Umar.

Lapangan Udara Sultan Hasanuddin yang dilengkapi dengan dua skuadron pesawat tempur dan langsung di bawah Komando Operasi TNI AU II, memiliki peran penting dalam pengawasan wilayah nusantara di bagian Timur Indonesia.

Letak geografis yang strategis dinilai memiliki peranan penting baik dari aspek ekonomi, atau pun pertahanan udara dalam melakukan pengamanan wilayah perbatasan yang rawan terjadi pelanggaran wilayah dan merugikan masing-masing pihak.

Meski memiliki keterbatasan anggaran yang berdampak pada operasi dan latihan serta alat utama sistem senjata (alusista) yang digunakan, namun diharapkan mampu maksimal dalam menjalankan tugas dan fungsi.

“Lanud Sultan Hasanuddin diharapkan bisa melaksanakan berbagai kegiatan sesuai aturan. Merawat pesawat tempur dengan baik, agar kondisi siap operasi bisa digunakan kapan saja,” tegasnya.

Kolonel (Pnb) Bowo Budiarto, usai serah terima jabatan mengaku siap melanjutkan berbagai program dan berbagai tugas dari pejabat sebelumnya dalam menjaga dari berbagai potensi ancaman lewat pertahanan udara.

“Apa yang telah dilakukan Pak Nanang selama memimpin Lanud Sultan Hasanuddin patut saya tiru, apalagi itu sudah menjadi tugas pokok saya,” katanya singkat.

Bowo merupakan kelahiran Semarang, Jawa Tengah, 16 Januari 1965 sebelumnya menjabat sebagai Asisten Personalia Komando Sektor Pertahanan Udara I Nasional yang bermarkas di Medan, Sumatera Utara.

Lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1989 itu juga pernah menjabat sebagai Komandan Skuadron Udara 12 Lanud Pekanbaru tahun 2004 dan Kepala Dinas Operasi Lanud Pekanbaru tahun 2006. (*)

Komentar Pembaca