Bupati Bulukumba Apresiasi Program Penyelamatan Ibu dan Bayi

0
74
Inspiratifnews.com – Bulukumba, Tiga tahun program EMAS USAID di Bulukumba melakukan kerjasama dengan pemerintah kabupaten Bulukumba dalam upaya mendorong penyelamatan ibu melahirkan dan bayi baru lahir. Upaya tersebut berimplikasi positif dalam penurunan kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir di Bulukumba. Hal ini bisa dilihat data kematian ibu yang mengalami penurunan yang sangat signifikan yakni tahun 2014 sebanyak 11 orang dan tahun 2015 sebanyak 7 orang.
Menurut A. Sukri Sappewali AS, Bupati Bulukumba, memberikan apresiasi terhadap upaya kerja sama yang dilakukan oleh EMAS USAID dan pemkab Bulukumba dalam program penyelamatan ibu melahirkan dan bayi baru lahir di Bulukumba. Program ini cukup membantu menurunkan kematian ibu di Bulukumba, untuk itu kita lanjutkan dan saya akan mendukung program ini melalui anggaran. Ada anggaran 25 Milyar kami dapat ini bisa diarahkan ke sana sehingga pelayanan bisa lebih ditingkatkan lagi, katanya pada pertemuan Pencangan keberlanjutan program penyelamatan ibu melahirkan dan bayi baru lahir di Ruang Pola Bupati (23/6/16)
Sementara Arifah Ulviah, Aktivis FORMAP-KIA, Capaian ini tentu patut untuk dipertahankan agar kematian ibu ke depan semakin menurun di Bulukumba. Tentu hal ini bisa terwujud manakala semua stakeholders terlibat dalam penyelamatan ibu, baik penyedia layanan (pemerintah, dinkes, tenaga kesehatan) maupun masyarakat seperti LSM, Ormas dan masyarakat umum. keduanya ini baik penyedia layanan dan pengguna layanan memiliki peran yang penting dalam upaya penyelamatan ibu di Bulukumba.
Misalkan dari sisi Masyarakat bisa berperan dalam mendorong persalinan di fasilitas kesehatan, memantau pelayanan di fasilitas kesehatan, donor darah, monitoring maklumat layanan serta mendorong kebijakan pro Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan lain – lain, tambahnya. (*)

Komentar Pembaca