Caketum Hipmi Sulsel Ceramah Kewirausahaan

0
53

Inspiratifnews.com – Makassar, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengam Ikatan Mahasiswa Pelajar Soppeng (IMPS) mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pemuda Angkatan I yang dilangsungkan di Hotel Denpasar, Makassar, 12/08/2016.

Hadir sebagai salah satu pemateri pelatihan Direktur Celebes Research Center Herman Heizer yang juga calon ketua umum BPD HIPMI Sulsel. Acara yang dibuka oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang, juga diisi oleh Andi Nurhidayati, anggota DPRD Sulsel, Muh. Nawir Sita Ketua BPC HIPMI Takalar dan Andi Faisal Husni praktisi perbankan.

Peserta pelatihan ini adalah pengusaha pemula dan mahasiswa. Tujuan diadakannya pelatihan kewirausahaan ini untuk melahirkan pengusaha baru yang handal khususnya di Sulsel serta dalam rangka mengurangi angka pengangguran khususnya di sektor informal.

Dalam materinya, Herman menyebut bahwa sebanyak 55% anak muda di Makassar ingin menjadi seorang pengusaha, 20% ingin jadi PNS dan 25% di profesi lainnya.

“Dari riset kami setidaknya menunjukkan bahwa pemuda di Makassar, atau juga di Sulsel punya semangat yang tinggi dalam berwirausaha,” katanya.

Menurut Herman, jiwa wirausaha muda sudah harus ditanamkan sejak dini, sebelum menghadapi kenyataan hidup setelah menamatkan kuliah.

“Jiwa dan mental kewirausahaan mahasiswa sudah harus ditanamkan sejak kuliah. Modal dasar enterpreneurship ini akan menjadi kuat setelah mereka selesai kuliah nanti,” kata dia.

Mahasiswa, lanjutnya, jangan hanya berkutat pada teori yang diberikan pada bangku perkuliahan semata. Masa kuliah hendaknya dimanfaatkan untuk menciptakan peluang usaha dengan perencanaan bisnis yang matang.

“Salah satu yang jadi kendala pada teman-teman mahasiswa adalah ketidaktahuan merumuskan hidup di masa depan. Mereka yang lulus studi, belum siap untuk bekerja. Oleh karena itu, untuk menciptakan dunia kerja dan menghadapi persaingan MEA, bibit-bibit wirausaha harus sejak dini ditanam mahasiswa,” jelasnya.

Seirama dengan Herman, Ketua BPC HIPMI Takalar Muh. Nawir Sita memberikan motivasi agar mahasiswa jangan takut gagal dalam mencoba berwirausaha.

“Tidak ada yang kebetulan di dunia. Semua yang terjadi di dunia ini adalah akibat dari sebab yang Anda lakukan. Jika Anda dengan tekun mengerjakan sesuatu, maka di masa depan akan Anda dapatkan hasilnya. Begitu juga dengan dunia usaha,” ujarnya. (*)

Komentar Pembaca