Catatan Kecil Akhir Tahun, MEA & Tantangan Dakwah Islam

0
46

MEA & Tantangan Dakwah Islam

Oleh: Dahlan Lamabawa, S.Ag., M.Pd.I*

Inspiratifnews.com, Makassar-Atmosfir Masyarakat Ekonomi Asean bertumpuh pada tiga pilihan yakni Produksi, Distribusi dan Konsumsi. Di dalam praktek produksi, distribusi dan konsmsi diperlukan panduan agama untuk membimbing etika pasar agar halalan thayyibah.

 

MEA sesungguhnya peluang penuh tantangan, minimal ada tiga tantangan dakwah yakni:

1. Tantangan Keyakinan akan sumber rezki, masyarakat moderen beranggapan bahwa mencari rezki yang haram saja susah apalagi yg halal, anomali ini akan melahirkan suasana bathin yg subhat dan syahwat. Yang subhat tidak perduli halal dan haram, yang Syhawat memperturutkan hawa nafsu dan meninggalkan shalat.

2. Tantangan ketergantungan pada pasar kapitalisme yang menghadirkan ketergatungan ekonomi pada pemilik pemodal, menyebabkan yang kaya makin kaya yang miskin tambah miskin, sedangkan kemiskinan lebih dekat pda kekufuran.

3. Tantangan psosisioniing umat Islam apakah bisa berdaya jadi subjek/pruduksi, atau pelaku pasar/distributor atau sekedar menjadi kelompok konsumen sekaligus korban melajunya ekonomi Asean.Tahun 2016 umat Islam harus menyadari & membenahi.(EO)

*Aktivis Dakwah Sulawesi Selatan

BAGIKAN

Komentar Pembaca