Daftar Peserta JKN – KIS Kini Bisa Melalui Virtual Service dan Smartphone

0
125

Inspiratifnews.com – Makassar, BPJS Kesehatan kembangkan strategi pendaftaran peserta JKN – KIS, guna memberikan kemudahan dan layanan pada masyarakat yang ingin mendaftarkan diri dan anggota keluarganya sebagai peserta kategori pekerja bukan penerima upah (PBPU).

Tambahan layanan itu bernama Virtual Account Service, dengan menghubungi Care Center 1500-400. Selain ini, BPJS Kesehatan juga menerima pendaftaran melalui aplikasi android di smartphone dan sistem dropbox di 4 kecamatan yakni mamajang, panakukang, makassar dan tamalanrea (saat ini masih tahap uji coba di 4 kecamatan tersebut).

Unting Patri Wicaksono Pribadi, kepala BPJS Kesehatan KCU Makassar pada inspiratifnews.com menjelaskan alasan penambahan layanan melalui virtual account service.

“Saat ini, tingkat kebutuhan masyarakat makassar akan layanan kesehatan makin meningkat, hal ini kami cermati pada setiap hari kerja pendaftaran calon peserta JKN – KIS yang mendatangi kantor kami kian padat, sehingga untuk mencegah antrian yang cukup panjang saat pendaftaran kami pandang perlu untuk menambah layanan virtual account service dan Smartphone melalui play store tinggal cari BPJS Kesehatan”, Unting Patria Wijaksono menerangkan.

BPJS Kesehatan juga mencoba lebih dekat pada masyarakat, dengan membuka point of service di Pusat perbelanjaan, untuk saat kerjasama di Pusat perbelanjaan hanya melayani mall dibawah naungan PT Lippo Karawaci, kalau di Makassar hanya Mall GTC.

Hingga 5 mei, jumlah peserta JKN – KIS telah mencapai 176.982.157 jiwa. fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKPT) yang terdiri atas 9.825 puskesmas, 5.279 klinik pratama, 4.504 dokter praktek perorangan, 1.143 dokter gigi praktik perorangan, dan 15 rumah sakit tipe D pratama. Selain itu, BPJS Kesehatan juga bermitra dengan 5.337 fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL) yang mencakup 2.135 rumah sakit (termasuk didalamnya klinik utama), 2.216 apotek, dan 986 optik yang tersebar di seluruh indonesia. (*)

Komentar Pembaca