Dana Reses Legislator DPRD Makassar Naik Menjadi Rp.30 juta

0
35

Inspiratifnews.com-Makassar, Dana reses legislator DPRD Makassar ternyata mengalami kenaikan. Jika pada tahun lalu Rp25 juta per reses, kini menjadi Rp30 juta. “Pada pengetukan APBD kemarin, anggaran reses dewan di tahun 2016 menjadi Rp30 juta setiap kali reses dari Rp25 juta sebelumnya,” ungkap Kepala Bagian Keuangan DPRD Makassar, Halimuddin  di Gedung DPRD Kota Makassar,Rabu (20/1/2016).

 

Halimuddin menjelaskan, setiap tahunnya 50 legislator Makasar mendapatkan jatah tiga kali reses. Artinya, setiap tahun anggaran reses para legislator menghabiskan sebanyak Rp4,5 miliar. Adapun anggaran tersebut diperuntukkan untuk konstituen setiap anggota dewan. “‎Terserah masing-masing anggota dewan penggunaan anggaran itu bagi konstiutennya. Tetapi biasanya anggota dewan kumpulkan konstiutennya kan sewa gedung, di kasih makan,” jelasnya.

 

Peneliti Kopel Makassar‎, Santa GL mengatakan, anggaran reses yang cukup fantastis itu tidak berbanding lurus dengan kinerja anggota dewan. “Konstituen anggota dewan harus menyoroti hal ini, apakah aspirasi mereka selama ini terhimpun. Jangan masyarakat dijadikan alat untuk memperkaya anggota dewan,” katanya. Ia juga meniliai, anggaran Rp4,5 miliar yang dikeluarkan Pemkot Makassar terlalu berlebihan. Pasalnya masih banyak fasilitas umum di Kota Makassar memerlukan bantuan pembangunan. “Masih banyak sekolah, puskesmas yang bangunannya memperhatikan, seharusnya anggaran sebesar itu diperuntukkan untuk pembangunan,” jelasnya.

 

Anggota Komisi C DPRD Makassar Irwan ST mengatakan, anggaran sebesar itu masih sangat wajar. Pasalnya, di setiap pertemuan dengan konstituen, biayanya bisa sedikit dan biasa melebihi. “Seberapapun besar anggaran yang penting bisa dipertanggung jawabakan tidak masalah. Kita juga terbuka jika diperiksa, kalau pertemuan kami dengan konstituen dengan anggaran sedikit, sisanya itu kita kembalikan negara, ” jelas politisi PKS tersebut. (ish)

Komentar Pembaca