Dedi Hasta Usulkan Pendampingan Wirausaha Muda

0
187

Inspiratifnews.com – Makassar, Kementrian Ketenagakerjaan RI melalui Direktorat Jenderal Binapenta dan Perluasan Kesempatan Kerja dan Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (BBPPK dan PPK) Lembang, sesuai tugas dan fungsinya terus berupaya secara konsisten melaksanakan program perluasan kesempatan kerja melalui penciptaan wirausaha baru, dengan target sasaran tenaga kerja rentan/tenaga kerja muda.

Menurut Dedi Hasta, salah satu cara membuka kesempatan kerja baru adalah Program Pengembangan dan Penghidupan Berkelanjutan (P2B), Sustainable Livelihood, yang diimplementasikan melalui kegiatan Program khusus Pengembangan Tenaga Kerja Rentan melalui kegiatan Pengembangan Ketrampilan Tenaga Kerja Muda (TKM-P2B) Tahun 2016.

Dedy menambahkan, prinsip kegiatan tersebut meliputi diantaranya pemilihan komodoiti yang dapat dikembangkan oleh kelompok berbasis potensi sumberdaya lokal. dan Pendekatan pelaksanaan kegiatan melalui sistem kelompok usaha dengan pola pendamping, partisipasi dan peningkatan kapasitas, jelas Dedy.

Tujuan Program tersebut yaitu diharapkan terciptanya tenaga kerja muda menjadi wirausaha baru dengan target sasaran terciptanya 23.000 wirausaha muda seluruh Indonesia yang berasal dari tenaga kerja rentan/tenaga kerja muda (masyarakat pengangur, korban PHK, calon TKI/purna TKI, Istri nelayan dan istri petani).

Untuk mencapai tujuan tersebut dan sasaranya, Kata Dedy kegiatan ini melibatkan petugas Pendamping Pemberdayaan Masyarakat PPM/Pendamping Kewirausahaan yang berkualitas yang mampu berperan sebagai motivator, fasilitator, komunikator dan dinamisator bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Melalui Kegiatan Pembekalan yang dilaksanakan di Lembang Bandung yang terbagi  tiga angkatan PPM di bekali untuk peningkatan kapasitas. PPM asal SULSEL yang terdiri dari 18 Kabupaten terpilih diwakili 43 PPM. Kegiatan tersebut selama 6 Hari mulai dari tanggal 24-30 Juli 2016.

Dalam kegiatan tersebut, Dedy Hasta sebagai PPM dari Kab Takalar Tampil mewakili PPM dari SULSEL mengungkapkan potensi wirausaha yang dapat dilaksanakan. Dengan banyaknya potensi yang di miliki SULSEL mengusulkan beberapa kegiatan usaha dan merekomendasikan kepada BBPPK, untuk mengadakan psat kegiatan pemasaran produk olahan Masyarakat sebagai salah satu kegiatan TKM di seluruh Indonesia dan terkhusus di SULSEL dengan harapan dapat menjadi pusat  kegiatan usaha muda dan membuka pasar kerja baru.

Kami PPM-P2B SULSEL akan melaksanakan tugas sesuai dengan tanggungjawab yang diamanahkan, tutup Dedy Hasta yang juga sebagai Pengurus KNPI SULSEL. (*)

Komentar Pembaca