Dedikasi 2016, IMM Kaji Peran Pemuda Hadapi Patahan Narasi Kebudayaan

0
73

Inspiratifnews.com-Makassar Dalam Rangka Dedikasi 2016 Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) selenggarakan Seminar Nasional Kebudayaan. Kegiatan ini merupakan semarak Milad IMM ke-52 Tahun yang akan berpuncak di Sinjai 14 Maret mendatang. Seminar berlangsung di kediaman, pribadi Walikota Makassar, Dany Pomanto di Jalan Amirullah, Selasa (8/3/2016).

Kegiatan mengangkat tema “Peran pemuda dalam menjawab Patahan Narasi kebudayaan” ini menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya. Diantaranya Prof. Dr. Anhar Gonggong (Budayawan), Dr. Abdul Saman, M. Si., (Akademisi Psikologi UNM), Muh Faisal, Mra., M. Pd,. (Antroplog Seni)

Prof. Anwar Gonggong yang merupakan budayawan senior ini memaparkan seputar revolusi mental yang dikaitkan dengan kesiapan pemuda menghadapi patahan narasi kebudayaan.

Beliau menjelaskan bahwa generasi masa depan yang diidamkan adalah generasi masa kini yang tidak merusak masa depan. Yakni generasi yang mau jujur terhadap diri sendiri.

“Saat ini, banyak mental pejabat bukan pemimpin. Kita kehilangan rasa jujur. Jujur pada diri sendiri” ujar Anhar

Kegiatan in di ikuti oleh akademisi, Angkatan Muda Muhammadiyah, mahasiswa dari berbagai kampus, dan kader IMM Makassar. Menurut Ketua Bidang Seni, Budaya, dan Olah raga PC IMM Kota Makassar, Suharti Novial, kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan semangat dan peran aktif pemida dalam menjawab patahan narasi kebudayaan.

Menurut Suharti, seminar ini diharapkan dapat memantik semangat pemuda untuk senantiasa mempertahankan budaya lokal. Sebab kemajuan teknologi kian menggerogoti nilai-nilai kebudayaan.

“Karena pemuda agen perubahan yang bisa mempertahankan kebudayaan lewat pendidikan,” ungkapnya kepada Inspiratif News ketika ditemui di kediaman Walikota semalam. (uc2)

Komentar Pembaca