Deng Ical Bahas HIV/AIDS di Warkop Phinisi’ta

0
97

Inspiratifnews.com – Makassar, Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal alias Deng Ical, menyatakan Pemerintah Kota Makassar menaruh perhatian besar terhadap penanganan HIV/AIDS, termasuk terkait para penderita penyakit tersebut. Pihaknya senantiasa menginisasi gerakan massif dengan menggandeng tokoh masyarakat dan komponen masyarakat lainnya dalam menangani penularan HIV/AIDS.

“Anggaran rehabilitasinya bahkan mencapai Rp 100 juta per orang. Total anggaran pemerintah daerah mencapai Rp 3,6 triliun dan itu kami masih mencarikan formulasinya,” tutur dia, Kamis, 17 November, dalam diskusi bersama Dinas Kesehatan yang dihelat KPA Makassar di Warkop Phinisi’ta, Jalan Hertasning, Makassar, Kamis, 17 November.

Selain mempersiapkan anggaran, Deng Ical menyebut yang paling penting adalah melakukan pendekatan psikologis terhadap penderita HIV/AIDS. Seluruh komponen masyarakat didorongnya ikut berperan dengan tidak mengucilkan para penderita HIV/AIDS. Selain pendekatan psikologis, ucap dia, juga perlu pendekatan medis, sosial dan spiritual.

Deng Ical menambahkan pihaknya bahkan membuka pelayanan pendampingan di sekolah-sekolah. Bila memang ada penderita HIV/AIDS di sekolah, maka KPA siap turun langsung ke sekolah untuk melakukan pendampingan.

Perwakilan dari Dinas Kesehatan Makassar, dr Andi Maryani, mengatakan selain penanganan terhadap penderita, yang perlu diutamakan ada pencegahan. Pihaknya senantiasa mengingatkan bahwa penularan HIV/AIDS tidak melulu melaui seks bebas atau jarum suntik. Menurutnya penggunaan pisau cukur yang membawa darah penderita penyakit itu kepada orang lain juga berpotensi menularkan HIV/AIDS.

Lebih jauh, Maryani mengatakan masyarakat jangan ragu dan malu untuk memeriksa kesehatannya di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. Saat ini, kata dia, ada 46 Puskesmas di Makassar yang sudah bisa memeriksa HIV/AIDS. Total sampai Juni, tercatat ada 5.647 penderita HIV dan 2.058 penderita AIDS di Kota Daeng. (*)

Komentar Pembaca