Deng Ical : Ekonomi Makassar Kalahkan Jepang dan Tiongkok

0
69

Inspiratifnews.com – Makassar, Festival #Ambisiku yang digelar di 3 kota yaitu yogyakarta, makassar, dan bandung oleh PT.Hutchison 3 Indonesia, ini yang akan memberikan motivasi pada semua pihak yang turut andil, dimulai pada hari ini (jumat, 23 – 25 september) di basement Trans Studio Makassar akan menghadirkan The Overtunes sebagai bintang tamu.

Wakil walikota makassar, Syamsul Rizal MI disapa Deng Ical, mengatakan atas nama pemerintah kota Makassar menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya, terutama pada teman – teman ekonomi kreatif yang telah menjadi pahlawan bagi Makassar maupun bagi Indonesia, ujar Deng Ical.

Dia menambahkan, pentingnya peranan teman-teman ekonomi kreatif yang telah berhasil melihat peluang – peluang yang terbaik, kemudian dikembangkan hingga saat ini dalam 12 tahun terakhir, ekonomi makassar tumbuh rata-rata di atas 9%, jelasnya.

“Dalam setahun tidak ada satupun kota di Asia Pasifik yang ekonominya tumbuh 9 % selama 12 tahun, hal ini menandakan pertumbuhan ekonomi makassar melampaui Jepang dan Tiongkok”, Deng Ical menjelaskan.

Gambarannya, APBD kota makassar tahun ini mencapai Rp.3,5 triliun tetapi PDRB atau uang yang berputar di Makassar, menurut data Bank Indonesia hingga Juni kemarin peredaran uang di makassar mencapai Rp.102 triliun.

Artinya, Kata Deng Ical, APBD makassar dibanding dengan PDRB uang yang berputar sekitar 3,4% dari tahun lalu, sementara APBD makassar kala itu sebesar Rp.3,3 triliun dan uang yang berputar sebesar Rp.86 triliun, jika tahun lalu share APBD terhadap uang berputar masih sekitar 4,1%, artinya yang membuat sejahtera masyarakat makassar adalah para pelaku industri kreatif, paparnya.

Pertumbuhan ekonomi tinggi membuat income perkapita warga makassar sudah menembus Rp.52 juta, maka dari itu upaya pemerintah dalam menumbuhkan perekonomian mengalami kenaikan, makassar menjadi lebih kreatif dari tahun 2012.

Perusahaan Telekomunikasi swasta, Tri Indonesia turut andil dalam pengembangan ekonomi kreatif di kota makassar, Tri Indonesia telah memfasilitasi dan juga merangsang teman-teman pelaku industri kreatif untuk menjadi lebih produktif.(*)

Komentar Pembaca