Deng Ical Tantang K2 Buat Pantun

0
96

Inspiratifnews.com – Makassar, Dalam pendidikan dan pelatihan prajabatan CPNS kategori dua (K2) golongan II angkatan XLIV Pemerintah Kota Makassar, di gedung PKK, Senin (2/5), Wakil Walikota Makassar, Dr H Syamsu Rizal Mi, mengajak para peserta untuk berdiskusi.

Berbeda dengan metode pengajaran yang lebih pada pemaparan teory, deng ical membawakan materi dengan metode permainan. Peserta diminta untuk bertukar tempat duduk, yang dengan suasana baru diharapkan mereka dapat merasakan perbedaan dan membandingkannya dengan suasana sebelumnya.

Setelah itu membagi peserta dalam dua kelompok dan meminta untuk membuat pantun bagi kelompok pertama, dan membuat kalimat bagi kelompok dua.

Dari tantangan yang diberikan, memberikan pelajaran bahwa terkadang seseorang menyadari kemampuan dirinya setelah diperintahkan dan tidak dapat menolak.

“Situasi tersebut, terkadang harus dihadapi setiap hari dikarenakan adanya system, patron, aturan, yang mencabut beberapa kebebasan individu,” ujar deng ical.

Kesadaran akan situasi yang selalu berubah menjadi motivasi bagi diri untuk keluar dari zona nyaman untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Selain itu pola pemikiran (Frame of preference) dan pengalaman, menjadikan citra diri, pemahaman (meaning) setiap orang berbeda, sehingga dibutuhkan kemampuan untuk memahami pola pemikiran orang lain.

“Dalam kehidupan bermasyarakat apalagi sebagai aparatur sipil negara, pelayanan masyarakat dituntut untuk memiliki kemampuan untuk memahami orang lain,” tambahnya.(*)

Komentar Pembaca