di Makassar, Jupe Bincang – bincang Pendidikan

0
60

Inspiratifnews.com-Makassar, – Kurang lebih 20 jurnalis dari berbagai media yang berkumpul di Hotel M. Regency Makassar sepakat untuk melahirkan sebuah organisasi persatuan wartawan perduli pendidikan, yang mereka sepakati namanya “Jupe Sulsel”  atau Jurnalis Pendidikan Sulawesi Selatan (16 Maret 2016). Fitri, ketua yang juga ketua Alwari (Aliansi Wartawan Radio) Sulsel, didaulat menjadi koordinator.

 

Kesepakatan itu lahir setelah mereka melihat banyak hal yang masih perlu diperbaiki dalam masalah pendidikan dan pemberitaan isu-isu pendidikan. “Kita bersama-sama harus lebih memberitakan hal- hal yang bisa mendorong penigkatan mutu pendidikan. Hal-hal postif dan praktik baik dalam dunia pendidikan harus diutamakan. Hal negatif kita beritakan semata-mata untuk advokasi meningkatkan mutu pendidikan, bukan untuk menjelekkan instansi atau seseorang,” ujarnya setelah didapuk jadi koordinator.

 

Sebelumnya para wartawan mengungkapkan berbagai pemberitaan di media dan mencoba merumuskan mana berita yang bisa mengadvokasi peningkatan mutu pendidikan, mana yang tidak. Diskusi tersebut difasilitasi oleh ketua AJI Makassar, Gunawan Mashar.

 

Salah satu kesepatakan yang mereka telurkan adalah komitmen untuk lebih mengarusutamakan pemberitaan yang positif, pertemuan berkala, dan senantiasa berbagi isu dan berita pendidikan.

 

Pertemuan tersebut difasilitasi oleh USAID PRIORITAS dalam sebuah kegiatan “Media Briefing”. Jurnalis yang hadir dari berbagai media, seperti inspiratifnews.com, Gosulsel, Fajar, Antara, Ujungpandang Ekspres, RRI, Kabarmakassar, Sindo dan lain-lain. “Kita agendakan ada pertemuan berikutnya membicarakan isu-isu pendidikan secara berkala,” ujar Fitri.(ish)

 

 

Komentar Pembaca