Dibalik Tongkat, Ada Inspirasi Sang Reformis

0
157
Amien Rais

Amien Rais ikut demo 4 November. (Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)

Inspiratifnews.com – Jakarta, – Dengan mengenggam tongkat bambu kecil, Amien Rais melangkah pasti memimpin demo 4 November. Dia juga lantang berorasi di tengah lautan massa.

Amien Rais bergabung dalam aksi yang digelar oleh Gerakan Nasional Pendukung Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) pada Jumat 4 November 2016 lalu.

Mantan Ketua MPR yang mengenakan baju koko warna putih dan peci hitam ini memulai aksinya dengan berjalan kaki dari Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, menuju Gedung KKP yang merupakan kantor Bareskrim Mabes Polri.

Pantang menyerah, Amien Rais lalu melanjutkan aksinya menuju Gedung Balai Kota hingga Patung Kuda. Amien Rais juga menyanyikan lagi Bandung Lautan Api untuk membakar semangat ‘perjuangan’ para pendemo.

Amien Rais ikut demo 4 November. (Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)

Amien Rais ikut demo 4 November. (Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)

Bagai sayur kurang garam, tidak lengkap rasanya bila Amien Rais berunjuk rasa tanpa berorasi. Di tengah-tengah para demonstrans, Amien Rais lantang meminta Presiden Joko Widodo agar menuntaskan kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Cagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). “Jokowi jangan main-main sama kuasa Allah,” ingat Amien tegas yang disambut riuh yel-yel dari massa.

Puas berorasi, Amien Rais melepas lelah. Dia duduk di pembatas jalan di bundaran Patung Kuda.

Jalan kaki pimpin demo

Amien memimpin ratusan massa bergerak dari kantor PP Muhammadiyah ke kantor sementara Bareksrim Polri di Jl Medan Merdeka Timur.

Amien Rais

Amien Rais ikut demo 4 November. (Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)

Amien Rais melaksanakan salat jumat di Masjid di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2016). Setelah itu Amien langsung langsung dikerubuti oleh ratusan demonstran. Ia kemudian memimpin massa longmarch ke kantor sementara Bareskrim Polri.

Amien Rais nampak menggenggam tongkat bambu kecil. Amien dipagari oleh massa. Sepanjang jalan Amien yang juga mantan Ketua PP Muhammadiyah ini disalami oleh para demonstran.

Ada sejumlah tokoh ikut bersama Amien Rais. Antara lain Ketua Badan Koordinasi Muballigh Seluruh Indonesia, Ali Mochtar Ngabalin.

Nyanyi Bandung Lautan Api

Amien Rais menyanyikan lagu Bandung Lautan Api dengan para pendemo. Ia juga salawatan bersama.

Eks Ketua PP Muhammadiyah ini bergerak bersama ratusan demonstran dari Kantor PP Muhammadiyah di Menteng.

Amien Rais ikut demo 4 November. (Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)

Amien Rais ikut demo 4 November. (Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)

Amien Rais bergerak dari Kantor PP Muhammadiyah di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2016) selepas salat. Ia bergerak ke kantor sementara Bareskrim Polri di Jl Medan Merdeka Timur, kemudian bergerak bersama massa ke Balai Kota DKI Jakarta.

Kini Amien Rais yang mengenggam tongkat bambu kecil tersebut mengarah ke Monas untuk bergabung bersama demonstran lainnya.

Pak Jokowi, tuntaskan kasus Ahok

Amien Rais berorasi meminta Presiden Joko Widodo menuntaskan kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok.

“Alhamdulillah jumlah kita kalau dari media ini sudah hampir 1 juta. Ini membuktikan bahwa jangan main-main sama kekuatan Allah,” kata Amien Rais saat berorasi di depan demonstran di bundaran Patung Kuda, Jakarta, Jumat (4/11/2016).

Amien kemudian mengingatkan Presiden Jokowi agar memperhatikan aspirasi demonstran. Aspirasi utamanya agar Gubernur DKI nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diproses hukum terkait dugaan kasus penistaan agama.

“Jokowi jangan main-main sama kuasa Allah,” ingat Amien.

“Saya harap Pak Jokowi segera menuntaskan kasus Ahok,” sambung Amien lagi.

Di penghujung orasinya, Amien menyebut Presiden Jokowi saat ini berada di Australia. “Pak Jokowi katanya sekarang kabur ke Australia,” kata Amien.

Sebelumnya diberitakan, Presiden berada di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (4/11/2016), sejak pagi dengan menggelar rapat dengan Mensesneg Pratikno dan Seskab Pramono Anung. Hadir juga Menhub Budi Karya. Usai pertemuan Seskab, Mensesneg dan Presiden Jokowi itu, Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan Presiden akan keluar untuk agenda yang tidak bisa diumumkan. Presiden keluar lewat pintu belakang Istana.

“Selamat ikut beliau blusukan, tujuannya ke mana biar surprise,” ucap Pram setengah kelakar.

Capek, Amien Rais ngaso

Setelah orasi, Amien Rais sempat duduk istirahat bersama para demonstran di pembatas jalan di bundaran Patung Kuda. Rencananya Amien Rais akan berkumpul bersama massa yang sudah memenuhi depan Istana Negara.

Amien Rais ikut demo 4 November. (Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)

Amien Rais ikut demo 4 November. (Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)

Sebelumnya, Amien Rais berorasi mengingatkan Presiden Jokowi agar memperhatikan aspirasi demonstran. Aspirasi utamanya agar Gubernur DKI nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diproses hukum terkait dugaan kasus penistaan agama.

“Jokowi jangan main-main sama kuasa Allah. Saya harap Pak Jokowi segera menuntaskan kasus Ahok,” kata Amien dalam orasinya. (*)

Komentar Pembaca