Diduga Jekkong, Beredar Undangan Pemilihan RT/RW Bersama Foto Pasangan Calon

0
232

Inspiratifnews.com – Makassar – Pemilihan serentak Ketua RT/RW se-Kota Makassar yang akan berlangsung besok, Minggu 26 Februari 2017, dinodai dengan kecurangan. Salah satu kandidat diduga bermain curang (jekkong), demi mencapai tujuannya menjadi Ketua RT/RW.

Hal tersebut terjadi di RT 004, RW 001, Kelurahan Kassi-kassi, Kecamatan Rappocini. Beberapa warga mengadu ke kandidat calon Ketua RT 004, Nur Rachmat, jika mereka diantarkan undangan pemilihan, sekaligus brosur arahan memilih salah satu kandidat calon ketua RT dan RW, disertai bujukan untuk memilih.

“Panitia tingkat kelurahan maupun kecamatan harus bisa memberikan sanksi kepada calon RT dan RW yang bermain curang. Ini pembelajaran berdemokrasi yang tidak baik untuk masyarakat,” ujar Nur Rachmat, yang juga berprofesi sebagai jurnalis di salah satu media cetak.

Saat dikonfirmasi ke Camat Rappocini, Hamri Haiya, dengan tegas mengatakan itu merupakan pelanggaran. Ia akan memerintahkan Lurah Kassi-kassi untuk turun langsung, melihat fakta yang terjadi di tempat kejadian.

“Kalau panitia kelurahan atau panitia RW yang melakukan pelanggaran, akan kami ganti. Semua brosur kampanye yang diedarkan kandidat tersebut, akan kami tarik,” tegas Hamri.

Mengenai sanksi kepada kandidat yang melanggar, bapak yang bergelar Doktor ini, mengaku, hanya sanksi sosial. Karena tidak ada aturan jelas mengenai itu, di dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Makassar yang mengatur.

Lurah Kassi-kassi, Nurdado, yang dihubungi pukul 13.30 WITA tadi , berjanji setelah rapat, akan langsung ke lokasi tempat terjadinya dugaan kecurangan di RT 004, RW 001, kelurahan yang dipimpinnya.

Sayangnya, sampai tulisan ini dibuat, pukul 16.30 WITA, Nurdado ,belum terlihat hadir di lokasi RT 004, RW 001, untuk menindaklanjuti laporan warga tersebut. (*)

Komentar Pembaca