Diklatpim IV Kementerian Kesehatan

0
64

Inspiratifnews.com – Makassar, Dalam Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV yang digelar oleh kementerian kesehatan di balai besar pelatihan kesehatan (BBPK) Makassar, Wakil Walikota Makassar, DR Syamsu Rizal MI, mendapatkan amanah selaku narasumber membawakan materi terkait kepemimpinan, khususnya dalam membangun tim efektif. Jumat (19/8).

Dihadapan para peserta yang terdiri dari pejabat eselon IV dibidang kesehatan se Indonesia Timur, Doktor manajemen publik tersebut memaparkan secara detail bagaimana sebuah tim dapat terbentuk, yang menjadikannya benar benar solid, yang membedakannya dari sekedar kelompok, atau gerombolan.

“Sebuah tim terbentuk jika semua merasa enjoy, berdasarkan inisiatif, dan diinginkan oleh yang bersangkutan,” ujarnya di awal pembahasan.

Pelatihan diikuti oleh sekitar 30 peserta dari berbagai daerah se Indonesia Timur, diantaranya Papua, NTT, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku, dan juga Makassar. Dan digelar sejak 20 Juli lalu hingga 19 November.

Selain itu, Ketua PMI Kota Makassar juga mengungkapkan beberapa poin yang menjadi karakter tim yang efektif, salah satunya yakni komunikasi yang efektif, pemimpin yang bertanggung jawab, kejelasan peran setiap anggota, dan beberapa poin lainnya.

Selama lebih dari se jam, Deng Ical, berbagi ilmu bersama para pejuang kesehatan, tentang bagaimana mewujudkan lingkungan yang kondusif dalam sebuah tim.

Dalam penyajian materi terkait pembentukan tim efektif, Deng Ical, menyempatkan menantang para peserta untuk membuat pantun dalam waktu yang singkat. Membuat suasana pelatihan lebih akrab, dan juga untuk mengingatkan bahwa ada ikatan yang terkadang menguatkan tim dikarenakan kesadaran bahwa setiap person memiliki keterampilannya masing masing, dan saling menghargai otoritas masing masing.

Sementara itu, Ketua penyelenggara Diklat, Mappeasse Toro SKM,M.Pd, menambahkan bahwa pelatihan yang digelar merupakan program kerja dari kementrian kesehatan guna membentuk kompetensi kepemimpinan operasional pada pejabat struktural eselon IV yan akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

“Pelatihan ini menjadi penting untuk meningkatkan sumber daya yang dimiliki oleh peserta, dengan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang materi yang disajikan,” ujarnya. (*)

Komentar Pembaca