Dimasa Agus SB, Kodam XIV Hasanuddin Kembali Difungsikan

0
153

Inspiratifnews.com – Makassar, Komando Daerah Militer (Kodam) VII Wirabuana resmi berganti nama menjadi Kodam XIV Hasanuddin, melalui upacara seremoni yang digelar di Lapangan Karebosi, Rabu (12/4/2017) pagi.

Perubahan nama Kodam VII Wirabuana menjadi Kodam XIV Hasanuddin disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) TNI AD, Jenderal Mulyono dan dihadiri seluruh Panglima Daerah Militer dari seluruh Kodam di Indonesia serta Unsur Muspida dari tiga wilayah daerah militer Kodam XIV/Hasanuddin, yakni Provinsi Sulawesi selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat.

Kepada awak media, Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI AD Agus Surya Bakti memaparkan bahwa perubahan nama Kodam VII/Wirabuana menjadi Kodam XIV/Hasanuddin didorong oleh faktor kebudayaan dan nilai heroisme Sultan Hasanuddin sebagai Pahlawan Nasional Indonesia.

“Kita ingin mendapatkan marwah Sultan Hasanuddin sebagai Pahlawan dan TNI mengangkat nama itu sebagai simbol perjuangannya, simbol Setia Hingga Akhir. Karena Kita tahu, Sultan Hasanuddin adalah pejuang yang berjuang tanpa henti,” ujar Agus Surya Bakti, Jumat (7/4/2017) sore.

Peresmian perubahan nama satuan dari kodam VII wirabuana menjadi kodam XIV Hasanuddin ditandai dengan pelepasan burung merpati dan penggantian atribut oleh KASAD TNI, Mulyono, serta penandatanganan Prasasti. Adapun wilayah satuan kerja Kodam XIV Hasanuddin meliputi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara.

Kehadiran Kodam XIV Hasanuddin, adalah Rencana strategis TNI AD, hal ini diungkapkan oleh Jenderal Mulyono pada awak media.

“Untuk menata menata keamanan wilayah teritorial NKRI, perlu adanya perubahan struktur kerja TNI yang meliputi pembagian wilayah kerja KODAM, Disamping punya nilai historis, Kodam XIV Hasanuddin telah ada sejak dulu, bersama Kodam XIII Merdeka, namun setelah adanya kondisi dan situasi keamanan maka dilebur jadi kodam VII wirabuana”, papar Mulyono selaku KASAD TNI.

Berbagai pertunjukan yang sifatnya simbolitas, ditampilkan pada upacara perubahan nama Kodam XIV Hasanuddin, diantaranya atraksi terjun payung, tari kolosal ganrang bulo dan drama teater refleksi perjuangan Sultan Hasanuddin yang ditampilkan oleh gabungan Prajurit TNI, PNS TNI dan Mahasiswa Universitas Hasanuddin. Pun upacara perubahan nama Kodam VII/Wirabuana ke Kodam XIV/Hasanuddin dipadati oleh ribuan masyarakat. (*)

Komentar Pembaca