Dirjen ESDM Tinjau Pasokan Listrik di Wilayah Sulselrabar

0
16

Inspiratifnews.com – Makassar – Direktur Jendral Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Andy Noorsamman Sommeng melakukan kunjungan lapangan ke PT PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar.

Kunjungan tersebut dilaksanakan guna memastikan kecukupan pasokan listrik dan kesiapan sistem kelistrikan Sulawesi bagian Selatan (Sulbagsel) dan Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam menghadapi IdulFitri 1438 H. Turut mendampingi Direktur Bisnis PT PLN (Persero) Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara Machnizon Masri.

Melalui keterangan persnya yang diterima redaksi Inspiratifnews.com, rabu 21/6, bahwa kondisi sistem kelistrikan pada H-15 sampai dengan H+15 Idul Fitri 1438 H secara umum dalam kondisi cukup. Daya mampu pasok pembangkit Sulbagsel sebesar 1246 MW dan beban puncak sebesar 1065 MW sehingga masih terdapat cadangan daya sebesar 181 MW.

loading...

Sedangkan daya mampu pasok pembangkit Sultra sebesar 112,7 MW dan beban puncak sebesar 109,8 MW sehingga masih terdapat cadangan daya sebesar 2,9 MW.

“Kami berharap bahwa ketersediaan tenaga listrik saat lebaran cukup sehingga masyarakat dapat menikmati hari raya dengan nyaman ,”pungkas Andy Noorsaman Sommeng dalam kesempatannya.

Saat kunjungan Andy Noorsamman Sommeng ke PT PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar, Makassar, Sulawesi Selatan, Machnizon Masri memaparkan bahwa daya mampu pembangkit Sistem Sulbagsel pada saat hari Raya Idul Fitri adalah 1217 MW dan perkiraan beban puncaknya sekitar 809 MW. Sedangkan Daya Mampu Sistem Sultra hari H Idul Fitriyaitu 106,8 MW dan beban puncak sekitar 89,6 MW.

“PLN meminta dukungan dari kementrian ESDM terkait pembangunan pembangkit dan transmisi karena target kami pada tahun 2020 seluruh pulau Sulawesi akan terinterkoneksi listrikya,” kata Machnizon Masri.

Guna menjaga keamanan pasokan listrik pada saat Hari Raya Idul Fitri 1438 H PLN Wilayah Sulselrabar sudah menyiapkan prosedur operasi siaga dengan menyiapkan piket pemeliharaan/perbaikan gangguan (24 Jam) dan menyiapkan genset di lokasi-lokasi strategis.

Selain itu PLN Wilayah Sulselrabar menyiapkan Posko Siaga Idul Fitri yang siap melayani mulai tanggal 10 Juni 2017 sampai dengan 11 Juli 2017. Posko Siaga ini memiliki kesiapan personil dan antisipasi kelistrikan berupa genset dan Unit Gardu Bergerak (UGB). Total ada 107 posko dan 2.248 personil yang bersiaga untuk melayani masyarakat.(*) 

Komentar Pembaca