Dompet Dhuafa Galang Donasi “Sedekah Dongeng” Untuk Palestina

0
231

 

Inspiratifnews.com – Makassar, Belum genap sepekan program roadshow “Sedekah Dongeng Donasi Kemanusian untuk dhuafa dan rakyat palestina” mendapat antusiasme cukup tinggi dari siswa-siswi. Hal tersebut dibuktikan dengan antusiasme beberapa sekolah yang telah didatangi oleh Dompet Dhuafa Sulsel hingga saat ini (30/3/2017)

Program ini menggalang donasi dari siswa-siswi Indonesia mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Menengah Atas. Program memberikan edukasi dan empati khususnya kepada anak untuk sejak dini gemar bersedekah hingga membangkitkan rasa solidaritas para siswa-siswi di Indonesia. Berpartisipasi dalam Sedekah Dongeng, berarti anak telah membantu program kemanusiaan untuk dhuafa dan saudara kita di Palestina. Program Sedekah Dongeng Donasi Kemanusian untuk dhuafa dan rakyat palestina” merupakan program untuk membantu kaum dhuafa dan program sekolah di Gaza, Palestina.

Sedekah Dongeng merupakan event yang dikemas dalam bentuk dongeng edukatif dan kreatif yang bertujuan untuk mengajak dan mengedukasi anak didik agar bisa lebih berempati terhadap penderitaan saudara- saudara kita yang tertimpa musibah maupun peduli kepada kaum dhuafa. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak Tahun 2013. Kegiatan ini bekerjasama dengan beberapa sekolah yang ada di kota Makassar dan luar kota Makassar. Sedekah Dongeng menggandeng pendongeng lokal maupun nasional.

Kali ini melalui event Sedekah Dongeng Donasi Kemanusiaan 2017, Dompet Dhuafa Sulsel menghadirkan Bambang Bimo Suryono, MDI (Kak Bimo) yang merupakan Master Dongeng Indonesia.

Event sedekah dongeng di sekolah-sekolah memberi motivasi lewat cerita dan mendongeng, dari tingkat TK-SMA, sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati dan ditentukan bersama. Hingga saat ini, Dompet Dhuafa Sulsel melalui program Sedekah Dongeng mengandeng Kak Bimo (Master Dongeng Indonesia) telah mendatangi 5 sekolah dan akan berkunjung ke 27 sekolah yang telah dijadwalkan. Program yang sudah berlangsung ini sudah berjalan sejak tanggal 29 Maret 2017 dan akan berlangsung hingga 9 Maret April 2017.

“Alhamdulillah dalam event sedekah dongeng, antusiasme siswa-siswi sekolah yang ingin berdonasi saat ini sangat tinggi. Sebelum didatangi Dompet Dhuafa, anak-anak telah diberi amplop donasi, kemudian saat event roadshow sedekah dongeng di Sekolah mereka, mereka pun menghimpun donasinya saat event sedekah berlangsung. Jadi nanti donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk dhuafa dan rakyat palestina,” ujar General Manager Fundraising Dompet Dhuafa Sulsel Efitrianty Nur.

Dompet Dhuafa sebagai lembaga kemanusiaan hadir karena kekhawatiran akan dampak yang terjadi pada anak-anak usia sekolah tersebut. Melalui event sedekah dongeng dapat mendidi

“Kami berusaha mengedukasi siswa-siswi melalui cerita yang dibawakan oleh Kak Bimo. Selain untuk mengedukasi untuk peduli kepada dhuafa dan rakyat Palestina, Dompet Dhuafa juga menyadarkan anak-anak sekolah untuk berbagi,” ujar Efitrianty Nur

Hasil donasi yang terkumpul hingga saat ini menunjukkan semangat kepedulian para siswa melalui sedekah dongeng donasi kemanusiaan. Dana yang terkumpul dari MITQ Al Azhar Center sebesar Rp 6.030.000 dan SD Inpres Bertingkat kelapa tiga Makassar berhasil menghimpun donasi sebanyak Rp 2.418.000 yang digelar pada hari pertama Road Show Sedekah Dongeng.

Sedeangkan pada hari kedua yaitu hari ini tanggal 30 April 2017, Siswa SD Islam Athira 1 Kajolalido menggalang berhasil menggalang dana sebesar Rp. 25.027.100 dan TK Teratai Terpadu UNM menyumbang Rp. 1.647.000 serta TK Az- Zahra Gowa berhasil menggalang donasi sebanyak Rp. 1.326.000.

Pada event sedekah dongeng Dompet Dhuafa Sulsel menargetkan menghimpun donasi Sedekah Dongeng Donasi Kemanusiaan sebesar Rp 300 Juta dalam waktu 12 hari yang akan berakhir hingga 9 April 2017. Selanjutnya dana tersebut akan disalurkan untuk kaum dhuafa melalui program-program dompet dhuafa Sulsel dan mengirim donasi ke Palestina untuk program Sekolah anak-anak Palestina.

Meskipun jadwal road show sedekah dongeng telah memiliki jadwal yang padat namun panitia masih membuka kesempatan kepada sekolah yang ingin dikunjungi sekolahnya untuk event sedekah dongeng. Bagi sekolah yang ingin berpartisipasi dapat mendaftar melalui SMS dengan cara ketik Reg Spasi SSDK Spasi Alamat Sekolah Kirim ke 082344449944.(*)

Komentar Pembaca