Dua “Nurdin” Berebut Kasta di Sulsel

0
307

Inspiratifnews.com – Makassar, Direktur Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir menganalisa rekam jejak dan citra figur calon gubernur Sulsel, salah satunya Nurdin Abdullah. Suwadi menilai, NA sejauh ini memiliki modal kuat untuk bertarung pada Pilgub.

“Ada dua hal penopang utama untuk bisa memenangkan Pilgub. Pertama, citra dan prestasi politik yang bagus, kedua mesin politik yang kuat. Prof Nurdin memiliki keduanya,” jelas Suwadi.

Hal tersebut menjadi modal utama bagi NA untuk meyakinkan parpol maupun elite parpol itu sendiri. Pasalnya hingga hari ini NA belum memiliki kendaraan politik yang jelas. “Modal figur NA akan menjadi solusi bagi partai politik yang tak memiliki figur internal yang kuat, namun ingin menang pada Pilgub,” ujarnya. Suwadi juga menilai NA sebagai sosok yang visioner, dan religius.

Sejauh ini, selain nama NA, figur lain yang hampir dipastikan bakal bertarung pada Pilgub Sulsel antara lain Rusdi Masse, Nurdin Halid, Ichsan Yasin Limpo, hingga Burhanuddin Andi. Juga ada nama Aziz Qahhar, Tanribali Lamo, sampai Latinro Latunrung ikut disebut.

Isyarat keseriusan Nurdin Halid (NH) bertarung di Pemilihan Gubernur Sulawesi selatan semakin jelas. Selain memanaskan mesin Partai Golkar di Sulsel, Komunitas relawan mulai terbentuk. Terbaru, beberapa pendukung dan loyalis Nurdin, membentuk Relawan Nahkoda Sulsel. Risman Pasigai, Juru Bicara sekaligus Kordinator Relawan ini mengatakan bahwa Relawan Barisan NH ini mengunakan Anonim NAHKODA SULSEL adalah Gerakan Relawan Atau Pendukung NH untuk Maju Calon Gubernur Sulsel 2018 Nanti.

“Barisan NH ini akan bekerja secara total dalam mengalang dukungan masyarakat Sulsel untuk Bapak Nurdin halid. Ini gerakan Kreatif yang di kendalikan oleh Anak-Anak Muda Serta Senior -Senior dari berbagai kalangan dan Profesi,”ujar Risman, Senin (2/1/2017).

Risman menjelaskan bahwa dalam waktu dekat, akan dideklarasikan BARISAN NH ” Nahkoda Sulsel” dengan Tagline “SeJuta Senyum Barisan NH”.

“Sel-Sel Barisan NH kita akan bentuk secara massif di tingkat bawah sebagai salah satu jaringan pemenangan Nahkoda Sulsel dengan Gerakan Kreatif,”papar Risman yang juga putra Bulukumba.

Terkait Nama- Nama yang sudah bergabung di barisan ini, Risman masih enggan menyebutnya. “Nanti saat deklarasi, kita akan liat. Yang jelas, mereka sudah siap bergabung,”ujarnya.

Dua Nurdin ini, diprediksi oleh sejumlah kalangan bakal memperebutkan kasta tertinggi di Sulawesi Selatan pada perhelatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 mendatang. Tanribali Lamo disebut – sebut bakal mendampingi Nurdin Abdullah sementara Aziz Kahar Muzakkar juga santer disebut mendampingi Nurdin Halid dalam seminggu terakhir ini.Dua

Menariknya, dipenghujung 2016 Nurdin Halid memanaskan mesin politiknya di Partai Golkar sementara Nurdin Abdullah sudah sejak awal tahun 2016 telah merampungkan struktur Tim Pemenangan di Kab/Kota seSulsel. Bahkan, Bila Nurdin Abdullah pasti perpasangan dengan Tanri Bali lamo maka inilah pasangan calon Gubernur Sulsel siap menuju Pilgub Sulsel 2018.

Pasangan Nurdin Abdullah dan Tanri Bali Lamo diprediksi akan maju melalui jalur independent atau melalui Partai Golkar bila Tanri Bali Lamo mendapat restu dari Nurdin Halid, dan bisa saja pasangan ini mendapat restu dari 6 parpol pemenang pemilu lalu di Sulsel seperti PKS, PAN, GERINDRA, DEMOKRAT, PDIP, dan PPP yang sampai saat ini belum menentukan sikap politiknya ke publik.(*)

Komentar Pembaca