Dubes Kanada Mengunjungi Bantaeng disambut Tari Mapaccing

0
198

Inspiratifnews.com – Bantaeng, – Duta Besar Kanada untuk Indonesia yang baru dilantik, Yang Mulia Peter MacArthur, mengunjungi kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan pada 28-29 November 2016, untuk menjadi bagian dari kegiatan
penutupan dan serah terima proyek lima-tahun.

Malam harinya, tanggal 27 November Yang Mulia Peter MacArthur tiba di kabupaten Bantaeng disambut oleh Wakil Bupati Bantaeng, H.Muhammad Yasin beserta pejabat SKPD dan nampak hadir juga Bupati Bulukumba, Andi Sukri Sappewali, di Sentra Kuliner Pantai Seruni disertai jamuan makan malam khas Bantaeng dan Tari Tradisional Mapacing oleh santri dan santriwan madrasah Al Ma’arif Bantaeng.

Dijadwalkan pada hari Senin, 28 November, Duta Besar MacArthur akan bertemu dengan H.Subhan, Camat Tompobulu di Banyorang, dan beberapa perwakilan pemerintah, untuk mendiskusikan capaian proyek sebelum melakukan tinjauan langsung atas perkembangan kebun campur yang sukses di Desa Campaga.

Dr. James M. Roshetko, pimpinan senior proyek AgFor Sulawesi menyatakan, “Berkat dukungan dari Pemerintah Kanada dan mitra kami, angka capaian proyek benar-benar melampaui target yang ditetapkan. Proyek ini harus menjadi contoh pada tingkat nasional, bahkan internasional, bahwa kerjasama yang efektif antara masyarakat, LSM, peneliti dan pemerintah pada berbagai tingkatan akan menghasilkan capaian yang luar biasa.”

Sementara itu, Wakil Bupati Bantaeng, H.Muhammad Yasin turut mengapresiasi program kemitraan dengan AgFor Sulawesi melalui kemitraan ini Bantaeng tumbuh dan maju dengan mengadaptasi program lingkungan, alasannya kabupaten ini miliki 3 zona geografis yakni dataran tinggi, dataran rendah dan dataran pesisir.

Sehingga lntegrasi masyarakat dan lingkungan dipandang perlu untuk dioptimalkan, Muhammad Yasin pun mencontohkan jika dahulu Bantaeng sering terkena musibah banjir, namun dengan terobosan dan inovasi Bupati Nurdin Abdullah, Bantaeng sudah menjadi indah dengan lingkungan yang tertata rapi, imbuhnya dihadapan Duta Besar Kanada.

Agroforestry and Forestry in Sulawesi (AgFor) Menghubungkan Pengetahuan dengan Tindakan adalah proyek lima tahun dengan dukungan Global Affairs Canada yang diimplementasikan di Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Gorontalo, dan akan berakhir pada Desember 2016. (*)

Komentar Pembaca