Efektifkan B2 dan B3 sebagai Media Pembelajaraan

0
69

Inspiratifnews.com-Makassar-Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pendidikan bekerjasama dengan USAID PRIORITAS Sulawesi Selatan sedang menggencarkan peningkatan literasi dan budaya baca siswa yang dimulai sejak dini melalui pendidikan dasar. Salah satu media yang digunakan untuk mencapai cita-cita tersebut adalah dengan pengefektifan penggunaan big book (B2) dan buku bacaan berjenjang (B3) yang sedang dipraktikkan oleh fasilitator daerah (fasda) kota Makassar yang berjumlah 10 orang pasca mengikuti ToT modul III dengan metode pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menarik (PAKEM) dua pekan lalu, (16/3/2016).

 

Busnaeni, S. Pd, guru kelas III SD Inpres Pajjaiang dan salah satu fasda buku bacaan berjenjang (B3) saat dikonfirmasi mengatakan, keterampilan literasi yang baik akan membantu siswa dalam memahami teks lisan, tulisan maupun gambar atau visual. Oleh karena itu, keterampilan literasi siswa yang baik sangat membantu siswa tersebut dalam meningkatkan kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis.

 

Selama proses praktik mengajar di kelas, Busnaeni membelajarkan membaca berimbang dengan strategi membaca bersama dan membaca terbimbing. Mengapa membaca? Karena membaca merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki setiap manusia, dan keterampilan ini menjadi sarana untuk menangkap informasi yang ada dalam tulisan, tambahnya.

 

Menurutnya, sejak penggunaan big book dan buku bacaan berjenjang di kelas respon siswa sangat positif termasuk teman guru di sekolah menyarankan buku tersebut bisa digunakan di kelas lainnya. “Dulunya di kelas saya, membaca itu dijadikan sesuatu yang tidak diprioritaskan, alhamdulillah setelah saya mengenalkan strategi membaca bersama dan membaca terbimbing dengan B2 dan B3 semuanya jadi semangat dan antusias untuk belajar,” ucapnya.

 

Penulis : Sulaiman Suju/USAID Prioritas

Komentar Pembaca