Eksistensi Windows Phone di Ambang Kematian

0
68

Inspiratifnews.com-Tekno Di awal kemunculannya, Windows Phone sempat dijagokan akan menjadi alternatif yang menjanjikan selain smartphone berbasis Android dan iOS.

Namun prediksi Windows tersebut  tidak sesuai kenyataan. Dalam situs yang di rilis The Verge, Ahad (30/1), Microsoft merasa tidak memiliki daya untuk menembus papan atas sebagai ponsel pintar populer.

Sistem operasi besutan Microsoft itu malahan terus mengalami penurunan tren. Dalam laporan terbaru yang dirilis Microsoft, perusahaan ini hanya berhasil menjual 4,5 juta perangkat Lumia di kuartal terakhir 2015. Jumlah ini jauh lebih sedikit dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Saat itu, Microsoft berhasil menjual 10,5 juta perangkat Lumia.

Dibandingkan dengan perangkat Android dan iOS, kerja sama perangkat Windows Phone ternyata memiliki jumlah penjualan yang paling rendah. Microsoft diketahui hanya berhasil menjual 110 juta perangkat Windows Phone, sedangkan dua kompetitornya berhasil menjual 4,5 miliar perangkat.

Selain itu, data terbaru dari International Data Corporation (IDC) menyebutkan bahwa di kuartal terakhir 2015, ada sekitar 400 juta ponsel yang terjual. Dengan penjualan 110 juta perangkat, jelas Microsoft hanya mengantongi 1,1 persen dari total angka penjualan. Bahkan, kehadiran flagship smartphone terbaru Microsoft Lumia 950 dan Lumia 950 XL, dapat dikatakan tak banyak membantu, harga yang cukup mahal disebut-sebut sebagai alasan kenapa penjualan smartphone tersebut tidak sesuai harapan.

Banyak faktor mengapa Windows Phone tidak bisa bertahan di pasar ponsel pintar. Laman The Verge menyimpulkan, ‎penurunan penjualan hingga kurang dari dua persen membuat Windows berada dalam ambang kematian.

Microsoft memang tak akan berhenti untuk menciptakan sebuah revolusi bagi smartphone, dan akan terus memproduksi ponsel. Tetapi bagi sebagian orang beranggapan, ini menjadi akhir bagi Windows Phone.

Meskipun demikian, Microsoft tidak tinggal diam dengan kondisi saat ini. Perusahaan tersebut diisukan tengah menggarap lini smartphone baru yang diberi nama Surface Phone. Sedikit berbeda dari Windows Phone, Microsoft diduga akan menyasar pengguna bisnis dengan kehadiran smartphone ini. (Uc2)

Komentar Pembaca