eL Wikami Gelar Pelatihan Manajemen Wirausaha Pemuda

0
86

Inspiratifnews.com – Makassar, Lembaga Wira Karya Muda Indonesia (eL Wikami), baru-baru ini menyelenggarakan Leadership Basic Training bagi pemuda se-wilayah Makassar.

Kegiatan tersebut bertempat di Hotel Bahagia Makassar dan diselenggarakan pada 3 September 2016, diikuti sejumlah pemuda Lorong di Kota Makassar.

Menurut Sahar, selaku ketua Lembaga Wira Karya Muda Indonesia mengatakan, tujuan diadakan kegiatan Leadership ini adalah upaya membentuk karakter jiwa kepemimpinan bagi pemuda.

Disamping itu, untuk mewujudkan generasi muda yang mempunyai jiwa entrepreunership, agar tercipta generasi-generasi bangsa yang tangguh dan mandiri.

“Kegiatan pelatihan ini mengambil tema Revitalisasi Peran Pemuda dalam Pendidikan dan Ekonomi Kerakyatan Menuju kemandirian. sebab, jiwa kepemimpinan harus ditanamkan kepada kita (pemuda) sedini mungkin,” katanya.

Kepala Dinas Sosial, Mukhtar Tahir menambahkan, pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus dibekali ilmu pengetahuan dan keterampilan mumpuni dan memadai, terutama manajemen kepemimpinan atau keorganisasian.

Hal ini penting supaya pemuda memiliki bekal dan mampu dalam mengelola potensi diri dan organisasi termasuk Lingkungan Sosialnya.

“Pemuda sebagai penerus bangsa harus menyiapkan diri menghadapi tantangan masa depan. Apalagi sebagai ‘agent of change‘, kita dituntut harus siap di segala kondisi menjadi pemimpin, karena kita memang terlahir menjadi pemimpin, minimal pemimpin untuk dirinya sendiri. itu penting bagi kita, pemuda,” ungkap Rahman Pina saat menyampaikan pemaparannya di hadapan peserta Diklat.

Peserta pelatihan dibekali beberapa materi kepemudaan dan kepemimpinan yakni UU Kepemudaan, falsafah bangsa dan nasionalisme, motivasi, manajemen organisasi, dan entrepreunership.

Sementara itu, Jamaluddin yang mewakili Kadis Pemuda dan Olahraga Makassar, mengapresiasi kegiatan yang digagas Lembaga Wira Karya Muda Indonesia. Dia mengatakan kegiatan pelatihan, terutama life skill, sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya untuk kalangan pemuda, tutupnya. (*)

Komentar Pembaca