Euro 2016 dan Liga Champion akan Gunakan Teknologi Garis Gawang

0
39

Inspiratifnews.com Turnamen Piala Eropa 2016 dan play-off Liga Champions musim depan akan menggunakan teknologi garis gawang. Hal itu sudah diputuskan oleh Komite Eksekutif UEFA dalam rapat Nyon Swiss, Jum’at (22/1/2016).

Teknologi garis gawang itu sendiri merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menentukan apabila bola telah sepenuhnya melewati garis gawang dengan bantuan berbagai perangkat elektronik. Di saat yang sama, teknologi itu membantu wasit dalam menyatakan sebuah gol telah terjadi atau tidak.

Sebelumnya teknologi garis gawang telah digunakan di berbagai liga kasta tertinggi di Eropa. Beberapa liga yang sudah memakai teknologi tersebut diantaranya adalah Premier League, Bundesliga, Serie A, dan Ligue 1.

Penggunaan teknologi garis gawang di Piala Eropa sempat mendapatkan penolakan dari presiden non-aktif UEFA, Michel Platini, dalam beberapa tahun belakangan. Tapi di tahun 2014, Platini disebutkan oleh juru bicara UEFA sudah berubah pikiran. Kesuksesan teknologi garis gawang di Piala Dunia 2014 yang menjadi pengubah pikiran Platini.

“Kami melihat pada hal itu dengan serius…dan akhirnya kami memutuskan dimulai dengan Euro 2016, lalu beralih ke Liga Champions,” kata pelaksana pimpinan UEFA, Ganni Infantino, seperti dilansir oleh detiksport.com

“Sekarang, kami senang mencari cara bagaimana caranya untuk mengimpelentasikan itu,” imbuhnya.

Setelah Piala Eropa dan Liga Champions, juga sedang dipertimbangkan untuk mengaplikasikan teknologi garis gawang di Liga Europa di musim 2017/2018. (Uc2)

Komentar Pembaca