Facebook Akan Ikuti Langkah Uber

0
74

Inspiratifnews.com-Tekno Jejaring Sosial Facebook tak berhenti untuk terus bermanuver dalam memanjakan penggunanya. Setelah mendukung beberapa fitur tambahan, seperti iklan, live video streaming, serta virtual reality, kali ini Facebook disebut juga ingin menawarkan sebuah fitur berbagi kendaraaan (ride-sharing) layaknya Uber.

Hal ini terungkap setelah adanya informasi paten aplikasi yang dipublikasikan beberapa waktu lalu. Seperti dikutip dari laman Business Insider, Minggu (31/1/2016), dalam laporan itu diketahui bahwa Facebook berencana untuk membuat sebuah fitur berbagi kendaraan.

IMG20160130075215

Tampilan paten fitur berbagi kendaraan dari Facebook (sumber: ubergizmo.com)
Tampilan paten fitur berbagi kendaraan dari Facebook (sumber: ubergizmo.com)

Dari gambar di atas yang diperlihatkan, fitur ini nantinya akan menjadi bagian dari laman Events di Facebook. Jadi, akan ada sedikit perubahan saat pengguna memberi konfirmasi saat akan menghadiri sebuah acara.

Jika sebelumnya hanya ada pilihan ‘Going’, ‘Not Going’, dan ‘Interested’, kali ini ada dua tambahan opsi ketika memilih ‘Going’, yakni ‘Going and driving’ dan ‘Going but not driving’.

Jadi, pengguna dapat mengetahui dengan mudah informasi mengenai teman yang akan membawa dan tidak membawa kendaraan. Tak hanya itu, untuk pengguna yang ingin berbagi kendaraan bisa menginformasikan jumlah orang yang mampu dibawa kendaraan miliknya.

Hal menarik lainnya dari fitur ini adalah kemampuan untuk mencocokkan pengemudi dan penumpang. Jadi, pengemudi dapat mengetahui kecocokan antaran dirinya dengan penumpang berdasarkan musik yang didengar ataupun asal sekolah.

Namun perlu diingat, paten yang didaftarkan ini belum tentu akan dilanjutkan oleh Facebook. Jika fitur ini benar-benar dikembangkan, jelas akan menjadikan Facebook sebuah platform yang sulit ditinggal penggunanya.

Sekadar informasi, sebelumnya Facebook juga diketahui telah bekerja sama dengan Uber untuk melayani pemesanan melalui Messenger. Jadi, pengguna Facebook di Amerika Serikat dapat menggunakan Messenger untuk menggunakan jasa Uber.

Editor : Yusran
Sumber : Liputan6.com

Komentar Pembaca