Fisip Unhas Sosialisasi Peran Mesjid Sebagai Upaya Deradikalisasi

0
136

Inspiratifnews.com – Makassar, Departemen Hubungan Internasional, Fisip, Universitas Hasanuddin melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Optimalisasi Peran Masjid Di Makassar dalam Upaya Deradikalisasi”. Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar pemikiran bahwa Sejak 15 tahun lalu, isu tentang terorisme dan kekerasan atas nama agama menjadi hangat terutama saat beberapa negara maju menjadi serangan aksi terorisme.

Di Indonesia, Kata Gego Shallatu, merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia secara otomatis menjadi sorotan. Meskipun Indonesia sebagai negara berpopulasi muslim terbesar dipandang sebagai muslim yang moderat, namun terdapat kasus-kasus terorisme dan kekerasana atas nama agama yang terjadi di Indonesia, terang Dosen FISIP Unhas ini pada inspiratifnews.com, rabu 14 Desember.

Menurut Gego, Setara Institute mencatat bahwa terdapat 265 serangan terhadap minoritas agama pada 2012 dan ada 243 kasus serupa dalam 10 bulan pertama 2013. Para pelaku kebanyak dari militan Sunni dan targetnya adalah jemaah Kristen, Ahmadiyah, Syiah dan kaum Sufi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 3 Masjid yang ada di Makassar yaitu pertama pada masjid Shiratal Mustaqim yang berlokasi di Jl. Tanjung Bunga Kelurahan Maccini Sombala, Makassar, kedua dilaksanakan pada Masjid Nurul Taufik yang terletak di Jalan Maccini pasar malam 3, ketiga adalah di masjid Al Malikul Haq yang terletak di Bumi Sudiang Raya. Peserta kegiatan ini adalah para anggota remaja masjid dan da’i muda yang ada di Makassar.

Dosen HI Unhas ini, memberikan materi tentang Terminologi Radikalisme, Identifikasi Radikalisme Berbasis Agama, Bahaya dan Dampak Radikalisme, Penyebab Lahirnya Radikalisme, serta Tips bagi pemuda untuk menghindari dan mengantisipasi radikalisme.(*)

Komentar Pembaca